Follow detikFinance
Jumat, 20 Apr 2018 20:45 WIB

Transaksi Trade Expo Tak Capai Target, Mendag akan Copot Pejabat Ini

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengancam akan mencopot atase perdagangan dan pejabat ITPC (Indonesian Trade Promotion Center) di luar negeri. Hal itu dilakukan bila pejabat tak mampu mencapai target dari proyek Trade Expo Indonesia (TEI) 2018.

Enggar menjelaskan penilaian target tersebut berdasarkan jumlah pengunjung dan transaksi dibanding tahun lalu. Sebab pihaknya saat ini menargetkan kegiatan TEI dapat mencapai nilai transaksi sebesar US$ 1,5 miliar atau setara dengan Rp 20 triliun dan mengundang pengunjung hingga 28 ribu orang.

"Dia (kegiatan TEI) bisa menghasilkan prospect buyers dan bisa menghasilkan lebih banyak. Kalau dibanding tahun lalu jumlah pengunjung dan transaksi lebih banyak dari tahun ini, ya saudara segera kita ganti (pejabatnya)," kata Enggar di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (20/4/2018).


Enggar mengatakan atase perdagangan dan pejabat ITPC tersebut diharapkan dapat menyampaikan informasi terkait pameran tersebut kepada kepada para importir. Hal tersebut arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dengan adanya informasi tersebut pihaknya berharap importir dapat banyak berkunjung ke pameran tersebut.

"Yang membutuhkan informasi, komunikasi untuk bisa menyampaikan kepada importir di sana, mitra saudara, mengalami kesulitan untuk bisa tambah meyakinkan beritahu. Bisa manfaatkan saluran perdagangan kami baik melalui atase Perdagangan atau ITPC, dan bisa pakai KBRI. Karena memang pemerintah atas petunjuk Presiden, menugaskan semuanya itu lebih meningkatkan di ekonomi," terangnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed