Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 27 Apr 2018 19:00 WIB

Tarif Tol Cipali Tidak Turun

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: dok. Lamborghini Foto: dok. Lamborghini
FOKUS BERITA Tarif Tol Mau Turun?
Jakarta - Kebijakan rasionalisasi atau penurunan tarif tol menyasar pada tol yang tarif dasarnya di atas Rp 1.000/km. Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dengan panjang 116,75 km tak terkena kebijakan tersebut.

Kepala Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra Armawidjaja mengatakan, tarif dasar Tol Cipali Rp 823/km. Sementara, rasionalisasi tarif tol menurunkan tarif dasar di atas Rp 1.000/km menjadi Rp 1.000/km.

"Per kilometer (km) Rp 800, ngapain dia direvisi. Kalau dia segitu ya sudah," kata dia kepada detikFinance di kantornya, Jumat (27/4/2018).



Dia menjelaskan, untuk bisa menurunkan tarif tol Kementerian PUPR mengambil kebijakan yakni memperpanjang masa konsesi dan menyederhanakan golongan.

Tol yang pertama kali memakai tarif rasionalisasi ialah Tol Ngawi Wilangan. Tarif dasar tol tersebut mulanya Rp 1.200/km kini menjadi Rp 1.000/km.

"Tol Ngawi-Kertosono, Ngawi-Wilangan harga dasar Rp 1.200/km dijadikan Rp 1.000/km," ujar dia.

Endra melanjutkan, rasionalisasi tersebut dilakukan bertahap. Terutama, lanjut dia, pada tol-tol baru yang tarif dasarnya tinggi.

"Sesuai yang dioperasikan yang mana, paling nggak kebijakan ini berlaku sampai 2019. Kecuali ada perkembangan baru," pungkasnya.

(eds/eds)
FOKUS BERITA Tarif Tol Mau Turun?
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed