Rayakan May Day, Menaker Ikut Jalan Santai Bareng Buruh

Muhammad Idris - detikFinance
Minggu, 29 Apr 2018 21:45 WIB
Menaker Hanif Dhakiri jalan santai di Tangerang saat May Day
Tangerang - Menyambut peringatan May Day, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Hanif Dhakiri, ikut serta dalam lomba gerak jalan santai pekerja/buruh di Tugu Adipura, Jalan Moh. Yamin, Kota Tangerang, Banten, Minggu (29/04/2018).

Sebelum bendera start dikibarkan, peserta secara bersama-sama melakukan pemanasan senam aerobik. Setelah itu, Hanif bersama sekitar 500 orang buruh di sekitar Tangaerang melanjutkan jalan santai sejauh 2,5 km.

"Bebas saja buat kegiatan yang positif. Silahkan yang mau demo, yang penting tertib, jalan santai, sepeda santai, mancing bersama, liburan bersama keluarga, silahkan. Yang penting semua merayakan Mayday dengan riang gembira, " kata Hanif dalam sambutannya sebagaimana dalam keterangan tertulis.

Memperingati May Day, dia mengajak semua pihak bersama-sama berjuang untuk kepentingan buruh dengan penuh riang gembira, May Day is Fun Day. Hanif berharap, hari buruh Internasional bisa diisi dengan kegiatan-kegiatan positif dan dilaksanakan dengan tertib.


"Kalau berjuang dengan riang gembira. Kita semakin termotivasi untuk berjuang, semakin optimis dengan perjuangan dan tentu akan lebih canggih dan cerdas dari sisi strategi dan metode perjuangan, " katanya.

Dia melanjutkan, kalau perjuangan buruh isinya penuh kegalauan atau sedih, maka itu tidak akan memberikan semangat.

"Mari peringati May Day tahun ini dengan suka cita penuh riang gembira sesuai tagline May Day is fun day, " ujar Hanif.

Sementara Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Haryadi Sukamdani, memberikan apresiasi kepada Menaker dan jajaran serikat pekerja yang telah bekerja sama selama ini dengan positif dalam memperingat hari buruh Internasional ini. Menurutnya, dari waktu ke waktu, hubungan industrial menjadi semakin baik, dengan pemahaman semakin baik pula.


"Kita melihat ke depan hubungan ke depan semakin harmonis dan acara seperti ini membuat hubungan kita semakin erat dalam kaitan acara informal, karena biasanya ketemu acara selalu formal," ucap Haryadi.

Sementara itu, Ketua Konfederasi Serikat Pekerja BUMN Ahmad Irfan Nasution mengungkapkan, acara gerak jalan santai memperingati May Day sangat bermanfaat bagi buruh atau pekerja di Indonesia. Ini sesuai dengan tagline May Day is Fun Day.

"Kami berharap melalui kegiatan ini kesejahteraan pekerja makin lama makin baik," ujar Andi. (idr/dna)