Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 01 Mei 2018 11:08 WIB

Ribuan Buruh Peringati May Day di Patung Kuda Depan Monas

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Achmad Dwi Afriyadi Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta - Ribuan buruh merayakan Hari Buruh yang jatuh pada 1 Mei. Titik kumpul untuk perayaan Hari Buruh ini ialah di Patung Kuda Jakarta Pusat untuk kemudian dilanjutkan ke Istana.

Berdasarkan pantauan detikFinance, Selasa (1/5/2018), ribuan buruh tampak di kawasan Patung Kuda. Mereka menggunakan seragam dengan berbagai warna. Ada yang menggunakan baju merah hitam, ada putih biru, dan lain-lain.

Para buruh membawa bendera serta atribut lain seperti spanduk. Spanduk-spanduk tersebut bertuliskan tuntutan mereka. Salah satunya, buruh meminta penurunan harga listrik, BBM, dan beras.

"Turunkan harga listrik, BBM & beras. Bangun ketahanan pangan dan energi," tulis spanduk itu.

Peringatan Hari BuruhPeringatan Hari Buruh Foto: Achmad Dwi Arifyadi




Sebelumnya, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, aksi di Istana Negara akan diikuti 150 ribu buruh se-Jabodetabek.

"Untuk aksi di Istana Negara Jakarta ada 150 ribu buruh se-jabodetabek. Serang, Karawang, Purwakarta dengan titik kumpul aksi di Patung Kuda Indosat jam 10 pagi," kata dia dalam keterangan tertulis.

Said mengatakan, ada sejumlah tuntutan dalam aksi Mayday ini. Tuntutan itu tergabung dalam Tritura plus yakni turunkan harga beras, listrik, BBM. Kemudian, tolak upah murah. Serta, menolak adanya tenaga kerja asing (TKA) kasar dari China.

"Plusnya adalah hapus outsourcing dan pilih Presiden RI 2019 yang pro buruh," tutupnya.

Peringatan Hari BuruhPeringatan Hari Buruh Foto: Achmad Dwi Afriyadi



(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed