Follow detikFinance
Rabu, 02 Mei 2018 18:34 WIB

Revisi Cuti Lebaran Bikin Was-was yang Mau Mudik, Ini Kata Puan

Hendra Kusuma - detikFinance
Menko PMK. Puan Maharani.Foto: Lamhot Aritonang Menko PMK. Puan Maharani.Foto: Lamhot Aritonang
FOKUS BERITA Libur Lebaran Ditambah
Jakarta - Pemerintah masih 'galau' soal cuti bersama Lebaran tahun ini karena ada rencana mau direvisi. Rencana ini tentu saja membuat was-was mereka yang sudah membeli tiket mudik atau yang sudah menyiapkan rencana mudik.

Merespons kecemasan masyarakat, Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani meminta tidak perlu cemas.


"Seperti yang saya sampaikan pada kesempatan ini bahwa SKB 3 menteri masih tetap seperti adanya," kata Puan di Komplek Istana Presiden, Jakarta, Rabu (2/5/2018).

Sebelumnya cuti bersama Lebaran ditetapkan melalui surat keputusan bersama (SKB) 3 menteri yaitu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur, Menteri Agama Lukman Hakim, dan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri. Penandatanganan ini disaksikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani.


Dalam keputusan tersebut, penambahan cuti bersama diberikan 2 hari sebelum Lebaran, yaitu 11 dan 12 Juni 2018, serta 1 hari setelah Lebaran, yaitu pada 20 Juni 2018. Sehingga total cuti bersama adalah 7 hari, yaitu 11, 12, 13, 14, 18, 19, dan 20 Juni 2018.

Menurut Puan sampai saat ini cuti Lebaran masih mengacu ke SKB tersebut. Pemerintah mengkaji cuti bersama untuk mempertimbangkan masukan dari berbagai pihak, termasuk pengusaha.


Masukan-masukan tersebut akan dihitung kembali untung ruginya bagi perekonomian hingga sosial. Dia berjanji, keputusan yang bakal diambil satu sampai dua hari ke depan ini tidak akan merugikan masyarakat.

"Ini belum ada apa-apa, kalau pun nantinya kemudian ada penyesuaian tentu saja dengan mempertimbangkan dan tidak ada hal yang kemudian merasa dirugikan," kata Puan.





Saksikan video terkait lainnya di 20Detik:

[Gambas:Video 20detik]

(hns/hns)
FOKUS BERITA Libur Lebaran Ditambah
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed