Follow detikFinance
Selasa, 08 Mei 2018 15:14 WIB

Murah Mana Mudik ke Surabaya Lewat Jalur Darat, Udara, dan Laut?

Fadhly Fauzi Rachman, Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Tim Infografis: Mindra Purnomo Foto: Tim Infografis: Mindra Purnomo
Jakarta - Masyarakat bisa memilih jalur mudik yang dapat digunakan tahun ini. Mulai dari transportasi umum yakni, pesawat, kereta api, kapal laut, hingga kendaraan pribadi melalui jalan tol Jakarta-Surabaya yang sudah tersambung bisa digunakan.

Masalah biaya pun biasanya menjadi pertimbangan utama untuk pulang ke kampung halaman. Lantas berapa sih biaya mudik dari masing-masing moda transportasi, baik darat, udara, hingga jalur laut? detikFinance merangkum tarif-tarif dari berbagai moda transportasi mudik lebaran dari berbagai sumber.

Pertama, untuk kendaraan pribadi dari Jakarta hingga Surabaya. Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPTJ) Kementerian PUPR, dengan perhitungan titik kendaraan berangkat dari Cikarang Utama hingga ke Surabaya, uang yang perlu disiapkan untuk pembayaran tol sebesar Rp 344.000 dengan total jarak tempuh sekitar 678,73 km. Sebagai catatan, perjalanan melewati tol ini masih belum sepenuhnya beroperasi optimal alias sebagian jalur ada yang sifatnya fungsional atau kecepatannya diperlambat.



Total tarif tol itu juga belum termasuk dengan uang bahan bakar minyak (BBM). Kita asumsikan konsumsi mobil keluarga rata-rata 1:10 atau setiap 10 kilometer, mobil menghabiskan 1 liter BBM setiap menempuh jarak 10 km. Berarti butuh BBM sekitar 68 liter untuk menempuh jarak 678,73 kilometer dari Cikarang Utama ke Surabaya.

Jika asumsi kendaraan menenggak BBM ron 90 yang harganya Rp 7.600/liter, maka didapat total uang BBM Rp 516.800. Sedangkan waktu tempuh bisa mencapai 11-12 jam dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam di luar istirahat. Soal ongkos, jika ditotal uang tol dan BBM, maka jumlahnya sekitar Rp 1.024.073 (sudah dibulatkan). Kelebihannya, naik mobil bisa menampung penumpang lebih banyak.

Selanjutnya untuk moda transportasi pesawat terbang, detikFinance mencoba membuat simulasi pembelian tiket pesawat di musim mudik, yakni pada H-3 Lebaran atau 12 Juni 2018. Dilihat dari situs agen perjalanan, sejumlah maskapai menawarkan beragam harga penerbangan dari Jakarta hingga ke Bandara Juanda Surabaya.

Tiket pesawat termurah dibanderol Rp 1.331.000 hingga Rp 1.631.000 dengan waktu tempuh 1,5 jam dari Bandara Soekarno Hatta dan mendarat di Bandara Juanda Surabaya. Ongkos itu berlaku untuk 1 orang.



Kemudian untuk mudik menggunakan moda transportasi kereta api untuk perjalanan mudik H-3 Lebaran. Dilihat dari situs tiket kereta api, saat ini penjualan tiket kereta api dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Gubeng maupun Stasiun Pasar Turi Surabaya, semuanya sudah terjual habis alias ludes.

Di situ tiket kelas ekonomi dijual dengan kisaran Rp 104.000 hingga Rp 450.000. Kemudian kelas bisnis di kisaran Rp 410.000 sampai Rp 550.000, dan kelas eksekutif di kisaran Rp 560.000 hingga Rp 650.000. Harga tiket itu tergantung dari jenis kereta dan waktu perjalanan. Rata-rata perjalanan dari Jakarta ke Surabaya memakan waktu 11 jam menggunakan kereta api dari Pasar Senen.

Sedangkan untuk tiket keberangkatan dari Stasiun Gambir menuju dua stasiun Surabaya tersebut juga telah habis terjual. Dari Gambir, harga tiket kereta eksekutif mulai dari Rp 495.000 hingga paling mahal Rp 1.200.000. Waktu tempuh perjalanan dari Gambir menuju Surabaya mulai dari 9 jam hingga 13 jam.

Selanjutnya untuk moda transportasi kapal laut, dilihat dari situs resmi Pelni, belum tersedia tiket untuk keberangkatan H-3 lebaran. Untuk simulasi, detikFinance memesan keberangkatan terdekat yang sudah tersedia, yakni pada 4 Juni 2018.

Ada 2 kelas yaitu ekonomi dan eksklusif, namun harganya sama yaitu Rp 235.000 per orang. Penumpang akan berangkat menggunakan kapal KM Ciremai dari Pelabuhan Tanjung Priok pada pukul 11.00 dan tiba di Pelabuhan Tanjung Perak pada keeseokan harinya pukul 11.00. Artinya waktu tempuh mencapai 24 jam perjalanan.

(fdl/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed