Asosiasi Pengelola Pusat Belanja: Mal di Indonesia Siaga I

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Senin, 14 Mei 2018 19:34 WIB
Mal di Jakarta/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menyatakan saat ini mal di Indonesia siaga I. Ini berkaitan dengan teror bom yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo berturut-turut.

Menurut Ketua Umum DPP APPBI Stefanus Ridwan siaga ini tidak hanya mal di Surabaya dan Jakarta yang yang siaga, namun juga di seluruh Indonesia. Sebab, teror bom, bisa terjadi di mana saja, termasuk mal.

"Saya kira gini, kita siaga bukan hanya Jakarta dan Surabaya walaupun kejadian hanya di Surabaya dan Jakarta. Kalau kita lihat penangkapan ada di Serang, di macam-macam. Jadi saya rasa kita bisa bilang siaga tidak hanya di dua kota, ya kita sudah bilang seluruh mal di Indonesia siaga I gitu," katanya kepada detikFinance, Senin (14/5/2018).


Lebih lanjut, ia memaparkan dengan adanya status tersebut pihaknya pun meningkatkan pengamanan di setiap mal dengan menggandeng polisi dan petugas keamanan.

"Dengan pengembangan keamanan personel keamanan ditambah dari outsourcing dan yang berwajib tapi kita dengan pakaian tertutup jadi tidak berseragam," jelasnya.

Selain itu, pengamanan juga dilakukan lebih detail seperti pemeriksaan saat memasuki pusat perbelanjaan.

"Laporan masih aman. Seperti biasa saja, normal tapi cuma pemeriksaan tas dibuka semua terus jok motor juga mesti diangkat, dilihat mobil juga dulu asal sekarang lebih serius," kata Ridwan.


Sementara itu, pihaknya juga tidak mengubah waktu operasional. Pasalnya, pihaknya ingin menunjukkan bahwa pusat perbelanjaan tidak terpengaruh dampak bom tersebut.

"Tetap saja jam 10 pagi sampai jam 10 malam, nggak ada perubahan jadi kita nggak mau sama sekali menunjukkan ada pengaruh dari bom meledak itu," tuturnya. (hns/hns)