Mengintip Sumber Kekayaan Keluarga Kerajaan Inggris

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Sabtu, 19 Mei 2018 12:48 WIB
Mengintip Sumber Kekayaan Keluarga Kerajaan Inggris
Foto: dok: Getty Images

Tiga sumber utama pendapatan Sang Ratu adalah Sovereign Grant atau hibah negara, properti pribadi dan investasinya, hingga pendapatan dari the Duchy of Lancaster estate.

Hibah negara pada dasarnya adalah rekening pengeluaran, yang meliputi biaya perjalanan, keamanan, staf dan pemeliharaan istana kerajaan.

Sang Ratu menerima £ 42.8 juta (US$ 58 juta) bebas pajak dari hibah negara tersebut pada tahun 2016-2017. Pembayaran itu diproyeksikan ke melonjak hingga sebesar 78% menjadi £ 76,1 juta (US$ 103 juta) di tahun selanjutnya untuk membiayai renovasi luas Istana Buckingham.

Hibah tersebut dihasilkan dari koleksi properti, peternakan Inggris, hingga Crown Estate yang menghasilkan ratusan juta poundsterling setiap tahun. Sebagian besar pendapatan dari Crown Estate masuk ke kas pemerintah, tetapi sebagian dari keuntungan, yakni kisaran 15% hingga 25% - diberikan kepada Ratu dalam bentuk Hibah Penguasa.

Sumber pendapatan penting lainnya dari sebuah properti komersial, pertanian, dan perumahan yang berasal dari tahun 1265. Ini menghasilkan £ 19,2 juta ($ 26 juta) pendapatan untuk Ratu dalam tahun anggaran terakhir.

Sang Ratu menggunakan uang ini untuk membayar pengeluaran resmi dan pribadi, termasuk beberapa biaya yang dikeluarkan oleh anggota keluarga kerajaan lainnya yang melakukan pertunangan resmi atas namanya.

Sang Ratu juga memiliki aset pribadinya, termasuk Balmoral Castle di Skotlandia, dan Sandringham Estate di timur Inggris. Keduanya diwariskan dari ayahnya. Ratu juga memiliki koleksi perangko yang berharga, banyak karya seni dan portofolio saham.

Aset lain yang terkait erat dengan Ratu, termasuk Permata Mahkota dan banyak karya seni rupa, sebenarnya dimiliki oleh Royal Collection Trust, sebuah badan amal.

Suami Sang Ratu, Pangeran Philip, Duke of Edinburgh - juga menerima pembayaran tahunan senilai £ 359.000 (US$ 488.000) untuk membiayai tugas resminya. Dia pensiun tahun lalu setelah lebih dari enam dekade menjadi pelayanan publik.