Butuh Rp 561 M Jaga Keamanan Pernikahan Pangeran Harry-Meghan Markle

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 20 Mei 2018 11:50 WIB
Foto: Pool (Youtube)
Jakarta - Pernikahan mewah Pangeran Harry dan Meghan Markle diperkirakan menghabiskan biaya sekitar US$ 42,8 juta atau sekitar Rp 599,2 miliar (kurs Rp 14.000). Menariknya ditaksir lebih dari 90% dari dana itu hanya untuk keamanan.

Melansir CNBC, Minggu (20/5/2018), sebagian besar uang tersebut tidak dihabiskan untuk hidangan berkelas, hiasan bunga ataupun hiburan. Melainkan untuk menjaga para tamu mereka dan ribuan penonton.


Mengutip situs pernikahan Inggris Bridebook, biaya untuk keamanan seperti, penembak jitu, polisi yang menyamar hingga mesin anti UAV biayanya sekitar US$ 40,1 juta atau setara Rp 561,4 miliar. Angka itu setara dengan 94% dari total anggaran tersebut.

Jika saja biaya keamanan tersebut tidak dimasukkan dalam anggaran tersebut, tentu dana US$ 42,8 juta terlalu besar dan tidak masuk akan untuk sebuah pernikahan meski semewah itu.

Menurut Perencana Pernikahan Mewah yang berbasis di Inggris, Aimee Dunne, biaya untuk hidangan pernikahan, gaun, bunga, hingga tenda kaca untuk resepsi menelan biaya sekitar US$ 2,7 juta.

Jika dibandingkan, itu berarti biaya pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle sekitar 73 kali lipat dari rata-rata biaya pernikahan di Inggris.

[Gambas:Video 20detik]

(dna/dna)