Sambil Buka Puasa, Susi Pamer Tangkapan Benih Lobster Selundupan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 23 Mei 2018 19:00 WIB
Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiatuti mengadakan buka puasa bersama di rumah dinasnya di Jalan Widya Chandra, Jakarta. Buka puasa ini diikuti oleh sejumlah pejabat di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Dalam buka puasa ini, Susi juga menunjukkan hasil penangkapan penyelundupan bibit lobster (benur).

"Kita baru saja berhasil melakukan penangkapan benur lobster di dua tempat. Satu di Gunung Putri, satu lagi di Serang, jumlahnya totalnya 386 ribu ekor," kata dia di rumah dinasnya, Jakarta, Rabu (27/5/2018).


Susi mengatakan, sekarang ini memang musim bibit. Biasanya, kata dia, nelayan akan panen lobster di bulan September dan Oktober.

"Memang sekarang ini musimnya bibit, semestinya nelayan-nelayan itu panen lobster bulan September-Oktober. Kalau bibitnya diambilin seperti nelayannya tidak akan panen," ujarnya.

Susi menjelaskan, penangkapan ini kerjasama dengan aparat penegak hukum. Menurut Susi, bibit lobster mesti diselamatkan untuk menjaga keberlanjutan.

Susi mengatakan, bibit-bibit tersebut akan segera dilepasliarkan. "Bibit lobster langsung dilepasliarkan namun saya minta kawan-kawan bawa sampelnya," tutupnya. (zlf/zlf)