Follow detikFinance
Jumat, 25 Mei 2018 15:02 WIB

Ramadan, Budi Karya Keliling Daerah Cek Kesiapan Mudik

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi jadi salah satu orang yang paling bertanggung jawab terhadap kelangsungan mudik lebaran tahun ini. Dia harus rela mengorbankan waktunya berkumpul bersama keluarga.

Tak jarang, Budi Karya mendapatkan protes dari istri dan anaknya.

"Ya itu bagian dari rule of the game, jadi kalau saya suka dukanya begitu, saya sering dikomplain oleh anak saya, istri saya. Makanya sekarang saya lagi sibuk mereka ke luar kota, nggak apa-apa supaya nggak ada konflik, saya pikir satu tantangan tersendiri," kata Budi saat berbincang dengan detikFinance pekan ini di Kediamannya, Jalan Widya Chandra, Jakarta.

Budi pun sudah siap kena komplain dari anak dan istrinya pada Lebaran tahun ini. Sebab, dirinya sejak awal bulan Juni sudah disibukkan kunjungan ke beberapa titik rawan kemacetan saat arus mudik berlangsung.


"Karena ada amanat Bapak Presiden saya keliling dulu, jadi hari-hari ini saya ke beberapa kota untuk memastikan kota-kota tersebut memang siap, atau mempersiapkan diri untuk mudik Lebaran," jelas dia.

Beberapa lokasi yang akan disambangi antara lain, Bandara Soekarno-Hatta, Pelabuhan Merak, jalan tol Cipali, dan akan menginap di Cirebon yang menjadi pusat pemantauan arus mudik Lebaran.

"Saya mungkin H-2 dan H-3 akan menginap di Cirebon, saya akan pantau pada saat peak season, dan seminggu sebelum itu saya akan ajak Pak Basuki (Menteri PUPR) melihat yang namanya jalan tol sudah nyambung ke Surabaya itu seperti apa," ungkap dia.


Meski sibuk dan sering dikomplain, Budi mengaku memiliki cara tersendiri agar sanak keluarganya memberikan pengertian lebih terhadap tugasnya sebagai Menteri Perhubungan.

Dia memiliki cara dengan mengunggah seluruh kegiatan kerjanya di Instagram. Dengan cara seperti itu, maka anak dan istrinya pun bisa melihat memantau langsung keberadaan dirinya dan kegiatannya.

Meski demikian, Budi Karya memutuskan untuk Lebaran bersama keluarga di Jakarta. Dia berjanji H-1 sudah berkumpul bersama keluarga.

"Lebaran insyaAllah saya sudah ada di sini, saya melakukan Idul Fitri di sini dengan tim, dengan Pak Presiden, Pak Wakil Presiden, setelah itu agak santai dua sampai tiga hari, setelah itu melihat lagi, H-1 saya akan di Jakarta, H+3 akan melihat mana nih yang bahaya," tutup dia. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed