Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 26 Mei 2018 07:30 WIB

Pengusaha Minta Pemerintah Jamin Pemda Patuhi Izin Online Terpadu

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pemerintah akan meluncurkan sistem perizinan online terpadu atau online single submission. Sosialisasi ke pengusaha telah digelar Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, Jumat (25/5/2018).

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) bidang Kebijakan Publik Danang Girindrawardhana mengatakan pada dasarnya OSS merupakan sistem yang telah lama dinanti karena dapat mempermudah mekanisme perizinan. Dia berharap aturan tersebut dapat benar-benar diimplementasikan oleh setiap aparat pelaksana khususnya di daerah.


Selain itu, meminta pemerintah menjamin sistem perizinan online terpadu tersebut dipatuhi oleh pemerintah daerah (Pemda).

"Sistem ini jelas ditunggu karena kita pingin efisien dalam rangka proses perizinan. Kita juga berharap simplifikasi dari perizinan dan berharap ada mekanisme pengawasan izin," katanya di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (25/5/2018).

"Kami juga sampaikan dari poin Pak Menko ada satu poin lagi, yakni berharap percepatan kepatuhan Pemda untuk mengikuti ini, tekanan paling penting kan di Pemda bukan kementerian atau lembaga," sambungnya.


Ia menilai kesiapan Pemda terhadap sistem tersebut baru mencapai 20%, dari sisi infrastruktur dan aparatur, sebab saat ini daerah sedang menghadapi pilkada.

"Kita inget ada 570 pemda kalau Menko bilang sudah 80% Pemda siap saya agak meragukan itu mungkin kebalik baru 20% mengingat infra dan kesiapan aparaturnya dan pejabat publik kan ada seratusan bupati sedang pilkada dan tidak mungkin mereka akan konsen dengan program ini dalam waktu yang dekat jadi target ini masih pertanyaan besar," tutur Danang.

Sementara itu, Darmin menargetkan sistem ini akan selesai pada akhir Mei ini, setelah sebelumnya dari sebelumnya molor dari target 20 Mei. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
CNN ID
×
Layar Pemilu Terpercaya
Layar Pemilu Terpercaya Selengkapnya