Follow detikFinance
Rabu, 30 Mei 2018 22:15 WIB

Jasa Pengiriman Lokal Ini Mulai Ekspansi ke Asia Tenggara

Tia Reisha - detikFinance
Foto: Dok. J&T Express Foto: Dok. J&T Express
Jakarta - Jasa pengiriman PT. Global Jet Express atau J&T Express mulai menggaungkan ekspansi ke dua negara Asia Tenggara, yakni Malaysia dan Vietnam pada 2017. Kini, J&T telah mempersiapkan ekspansinya ke kedua negara yang dimulai sejak awal 2018 dan akan dilakukan pada Juli mendatang.

"Kami sedang mewujudkan visi untuk mengembangkan J&T Express ke negara Asia Tenggara. Rencana ekspansi ini termasuk cepat karena terealisasi bahkan kurang dari dua tahun umur J&T," ujar Public Relations PT Global Jet Express, Herline Septia, Rabu (30/5/2018).

Di kedua negara tersebut, sejumlah persiapan sudah dilakukan sejak awal 2018 lalu. Hingga pada Juli tahun ini, J&T Express akan melakukan grand launching.

Di Malaysia, kata Herline, pada awal Juli 2018 mendatang akan diadakan trial operations. Persiapan yang dilakukan meliputi pengerjaan dengan target 2.000 SDM, 200 armada, 17 gateway/gudang sortir, serta 300 drop point. Persiapan itu juga telah menjangkau 12 kota di negara tersebut.

"Awal Juli nanti di Malaysia akan ada trial operations dahulu. Jadi diusahakan pada Juli ini mereka sudah bisa melakukan percobaan pengiriman," lanjutnya.

Sementara di Vietnam, lanjutnya, akan langsung dioperasikan pada awal Juli mendatang tanpa trial operation seperti di Malaysia. Itu karena peraturan di negara tersebut memudahkan J&T dalam berekspansi.

Herline juga menyampaikan target pembangunan di Vietnam mencapai 2.000 SDM, 500 drop point, serta 3 gateway besar yang terletak di kota Ha Noi, Da Nang, dan Ho Chi Minh. Persiapan yang dilakukan juga sudah menjangkau 14 kota di Vietnam.

Selain itu, ia juga menjelaskan ekspansi dilakukan di kedua negara tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya karena kedua negara tersebut memiliki jaringan e-commerce yang bagus dan memiliki prospek yang terus maju.

"Vietnam dan Malaysia punya fitur e-commerce yang juga bagus dan juga akan maju beberapa tahun ke depan," jelasnya.

Selain mengembangkan ekspansi di Malaysia dan Vietnam, di Indonesia J&T Express juga terus mengembangkan fasilitas dan layanan kepada pelanggan. Salah satunya dengan mulai berinovasi untuk membangun 33 Drop Point SPBU di area Jakarta. Hal tersebut dilakukan agar pelanggan dapat lebih mudah mengirimkan paketnya di lokasi terdekat.

"Drop Point SPBU memang untuk meningkatkan efisiensi jadi kita menjangkau pelanggan lebih dekat. Ini salah satu upaya jemput bola yang kita lakukan agar lebih mudah menjangkau pelanggan," jelas Herline.

Dipilihnya SPBU sebagai lokasi Drop Point karena dianggap strategis dan ramai dikunjungi. Denga begitu, pelayanan yang diberikan dapat lebih efisien termasuk ketika pelanggan hendak mengirim paket sekaligus mengisi bensin.

Drop Point tersebut didesain minimalis berupa kontainer dengan branding J&T Express. Pelanggan pun dapat dengan mudah menemukannya di sudut SPBU.

Sementara itu, layanan yang tersedia pada Drop Point SPBU masih sama dengan Drop Point pada umumnya. Yang membedakan hanya belum adanya layanan penjemputan paket di tempat pelanggan.

"Ini memang khusus untuk drop-off, jadi sampai saat ini layanannya memang untuk orang-orang yang hanya titip untuk kirim paket," ujarnya. (ega/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed