Petugas di Bandara Bakal Wira-wiri Bantu Check-In Pesawat

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Sabtu, 02 Jun 2018 16:00 WIB
Foto: Antrean penumpang di Terminal 1 C Bandara Soekarno-Hatta/Eny-detikcom
Jakarta - Check-in diperlukan untuk setiap keberangkatan menggunakan pesawat dan bisa dilakukan langsung di Bandara atau menggunakan fasilitas web check-in. Musim Lebaran ini pun bisa membuat antrean check-in semakin berekor.

Direktur Operasional dan Teknis Angkasa Pura II Djoko Murjatmodjo mengatakan pada dasarnya keperluan check-in tidak hanya bisa dilakukan langsung di bandara. Namun juga bisa melalui aplikasi.

"Check-in tidak harus ke bandara. Check-in bisa dari rumah buka website airlines atau aplikasi Indonesia Airport. Jadi bisa check-in di luar," katanya di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (2/6/2018).

"Kalau nggak bisa, nggak punya internet silakan datang ke bandara karena di bandara ada petugas costumer service yang mondar-mandir membawa printer kecil dan HP tinggal sebutkan nomor reservasi dan langsung diprint," sambungnya.

Selain itu, kata Djoko pihaknya juga memiliki mesin self-check-in di mana penumpang pesawat tidak perlu melakukan antre dan bisa sendiri melakukannya.

"Kita menambah tidak hanya sekadar nambah check-in counter, sekarang kita punya self-check-in di sana ada kaya kios di sana bisa check in sendiri masukin nomor registrasi kode boking dan tinggal milih seat langsung keluar," jelasnya.

Sementara itu, ia memperkirakan bakal ada peningkatan jumlah pengguna counter check-in kala mudik Lebaran nanti hingga 10%.

"Kira-kira sekitar 10% (peningkatan) dari tahun lalu. Tahun lalu dari periode lebaran itu 6,1 juta. Tahun ini proyeksi 6,7 juta itu seluruh bandara AP II," tutupnya. (eds/eds)