Butuh ART Infal? Cek Dulu Tarifnya

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 04 Jun 2018 12:56 WIB
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Kebanyakan dari keluarga dipusingkan ketika asisten rumah tangganya (ART) mudik saat Lebaran. Salah satu jalan keluarnya dengan menyewa ART infal.

Mencari tenaga infal untuk selama musim libur Lebaran cukup mudah. Penyedia ART infal banyak yang memasang iklan baik melalui blog hingga situs web iklan baris seperti OLX.

Seperti misalnya LPK Surya Insani. Lembaga yang berlokasi di Bekasi ini menawarkan jasa infal untuk ART maupun baby sitter. Tarifnya untuk ART Rp 200 ribu per hari, sedangkan Rp 250-350 ribu.

"Kalau untuk baby sitter tergantung pengalaman sama pekerjaan yang dimintakan," kata Nurma, Markwting LPK Surya Insani kepada detikFinance, Senin (4/6/2018).


Namun itu hanya biasa untuk gaji ART atau baby sitter, penyewa jasa infal harus membayar biaya administrasi sebesar Rp 750 ribu dan gaji awal 10%. Sisanya dibayarkan setelahnya.

Sementara lembaga Tiara Kasih Bunda menawarkan ART, suster bayi dan sustes lansia. Untuk ART gajinya Rp 150 ribu per hari, sementara untuk tenaga suster sekitar Rp 200 ribu per hari.

"Untuk masa kerjanya minimal 10 hari maksimal 1 bulan," kata Pemilik Tiara Kasih Bunda, Irena.


Tiara Kasih Bunda mematok biasa administrasi sebesar Rp 1 juta. Untuk pembayaran awal dia juga mewajibkan untuk pembayaran 50% gaji di awal. Sisanya setelah kontrak selesai.

"Semuanya dibayar melalui lembaga, tidak ke pekerja," tambahnya.

Biaya administrasi yang diterapkan biasanya untuk biaya makan dan pelatihan tenaga kerja. Sisanya untuk keuntungan lembaga. (dna/dna)