Follow detikFinance
Selasa, 12 Jun 2018 12:17 WIB

Sudah Tahu Cara Beli Tiket MRT Jakarta?

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: tim infografis: Mindra Purnomo Foto: tim infografis: Mindra Purnomo
Jakarta - Kereta mass rapid transit (MRT) Jakarta akan segera beroperasi dalam kurun waktu kurang dari setahun lagi, tepatnya pada Maret 2019 mendatang. Saat ini progres pembangunan pra sarana kereta telah mencapai 94% dan kedatangan sarana kereta juga terus dikebut.

Namun, sudah tahukah Anda bagaimana nantinya bisa membeli tiket kereta MRT Jakarta?

Seperti dikutip detikFinance dari situs resmi MRT Jakarta, Selasa (12/6/2018), tiket kereta MRT Jakarta akan terdiri dari dua jenis, yaitu tiket per perjalanan (single trip) dan tiket multi perjalanan (multi trip).

Pengisian saldo di kartu single trip dilakukan per perjalanan. Masa berlaku kartu single trip selama tujuh hari, terhitung sejak pembelian pertama. Sedangkan kartu multi trip dapat digunakan seterusnya selama saldo masih mencukupi untuk digunakan dalam setiap perjalanan.



Kedua jenis kartu tersebut dapat diperoleh di Mesin Tiket Otomatis (Ticket Vending Machine/TVM) dan loket penjualan di setiap stasiun MRT Jakarta. Selain TVM, stasiun MRT Jakarta juga akan dilengkapi dengan Mesin Isi Ulang (Top Up Machine/AVM).

Mesin Tiket Otomatis (Ticket Vending Machine/TVM) ini warnanya didominasi oleh warna abu-abu metalik. Mesin penjual tiket ini berdimensi 85x85x180 cm dan dapat ditemukan di area komersil (concourse) yang tak berbayar.

TVM memiliki empat fungsi, yaitu penjualan tiket single trip dan multi trip, isi ulang saldo multi trip, isi ulang single trip, dan menunjukkan informasi atau status tiket.

Sedangkan untuk mesin isi ulang (Top Up Machine), memiliki dimensi dan dominasi warna yang serupa dengan TVM, dan mesin ini hanya dapat ditemukan di area concourse berbayar. Mesin ini hanya diperuntukkan untuk isi ulang saldo multi trip (penyelaras tarif) dan memperlihatkan informasi atau status tiket.

Ada delapan komponen utama mesin ini, yaitu layar sentuh berisi pilihan menu, tombol panggilan bantuan, bukti transaksi, tempat memasukkan dan menerima uang kertas, tempat memasukkan uang koin, tempat keluarnya kartu, tempat meletakkan kartu multi trip/single trip, dan tempat menerima uang kertas atau koin kembalian.

(eds/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed