Follow detikFinance
Rabu, 13 Jun 2018 13:36 WIB

Harga Tiket Pesawat Tak Wajar saat Mudik Lebaran? Lapor ke Sini

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Dikhy Sasra Ilustrasi/Foto: Dikhy Sasra
Jakarta - Di musim mudik seperti ini, tarif tiket transportasi seperti pesawat terbang kerap mengalami kenaikan. Pemerintah pun telah mengatur tarif batas pesawat sesuai dengan Peraturan Menteri (PM) Perhubungan No. 14 Tahun 2016 agar tarif tiket tetap terjaga.

Apabila masyarakat ada yang menemukan tarif tiket tidak wajar, maka bisa langsung melaporkannya kepada pihak pengelola bandara dan otoritas bandara setempat. Meski begitu hingga saat ini belum ada laporan terkait masalah itu dari masyarakat.

"Kami mengharapkan penumpang memperhatikan aturan tersebut," kata Branch Communication and Legal, Bandara Internasional Soekarno-Hatta Erwin Revianto dalam keterangannya, Jakarta, Rabu (13/6/2018).

Pihak PT Angkasa Pura II (Persero) melalui Kantor Cabang Utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta juga mulai melakukan sosialisasi Peraturan Menteri (PM) No.14 Perhubungan No.14 Tahun 2016.


Erwin mengatakan, tujuan dari sosialisasi ini agar para penumpang pesawat udara kelas ekonomi memahami aturan yang membahas tentang mekanisme perhitungan tiket dan penetapan tarif atas dan batas bawah.

"Kami turut mensosialisasikan PM No. 14/2016 dengan memasang beberapa spanduk di Terminal 1,2 dan 3. Tujuannya agar penumpang mengetahui adanya batas atas dan bawah," ujar Erwin.

Sementara itu, sejak H-8 hingga H-3 jumlah penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta tercatat mencapai 1.237.976 jiwa. Adapun tingkat on time performance (OTP) pesawat yang berangkat sekitar 79.01%.



Ini video Dirjen Hubud tanggapi masalah harga tiket yang naik

[Gambas:Video 20detik]

(fdl/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed