Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 15 Jun 2018 11:31 WIB

Ikut Piala Dunia, Begini Ekonomi Negara Asal Mo Salah hingga Neymar

Danang Sugianto - detikFinance
Halaman 1 dari 4
Foto: Mladen Antonov/AFP Foto: Mladen Antonov/AFP
Jakarta - Perhelatan sepak bola terbesar Piala Dunia 2018 sudah digelar. Prediksi tentang tim mana yang akan menyabet titel juara mulai bertebaran.

Prediksi-prediksi itu bukan hanya muncul dari pengamat sepak bola, tapi juga dari bank investasi global kenamaan, Goldman Sachs.


Goldman Sachs tak sembarangan membuat prediksi. Mereka melakukan riset dengan hitung-hitungan statistik.

Hasil riset statistik Goldman Sachs mencatat, Brasil memiliki peluang untuk memenangkan Piala Dunia 2018 sebesar 18,5%. Di posisi kedua sebenarnya diisi Perancis 11,3%, baru setelahnya Jerman dengan kemungkinan peluang 10,7%.


Selain itu riset Goldman Sachs juga menjelaskan mengenai kondisi perekonomian terkini dari beberapa negara peserta Piala Dunia. Sebagai contoh Brasil, negara asal pesepak bola Neymar da Silva Santos Júnior, atau beken disapa Neymar ini jauh lebih baik dari 2014 ketika menjadi negara tuan rumah Piala Dunia. Rata-rata inflasi berhasil dikendalikan dalam level rendah, ketidakseimbangan neraca berjalan juga telah diperbaiki.

Namun Brasil masih menghadapi tingkat pengangguran yang tinggi yakni dalam rentang dua digit. Lalu di kawasan Arab ada Mesir, negara asal pesepak bola Mohamed Salah atau beken disapa Mo Salah.

Mesir menjalankan program konsolidasi fiskal tiga tahun diluncurkan untuk mengurangi defisit anggaran. Kebijakan moneter diperketat untuk membendung laju inflasi dan reformasi dilakukan untuk menjaga iklim dunia usaha.

Upaya itu berhasil. Saat ini defisit neraca berjalan Mesir berkurang bersamaan dengan inflasi. Kepercayaan investor mulai pulih.

Selain itu riset Goldman Sachs juga menjelaskan mengenai kondisi perekonomian terkini dari beberapa negara peserta Piala Dunia. Mau tahu kondisi perekonomian negara-negara peserta Piala Dunia tersebut, baca selengkapnya di sini: (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com