Sabar Ya, Pesan Pembantu Infal Habis Lebaran Harus Waiting List

- detikFinance
Rabu, 20 Jun 2018 11:14 WIB
Foto: Tim Infografis Zaki Alfarabi
Jakarta - Libur hari raya Idul Fitri membuat pesanan tenaga pembantu rumah tangga infal melonjak. Sebab banyak dari rumah di Ibu Kota yang ditinggal mudik oleh asisten rumah tangga (ART).

Seperti Tiara Kasih Bunda misalnya, Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) ini kedapatan pemesanan untuk tenaga infal hingga 250 orang. Bahkan hingga jelang berakhirnya libur Lebaran LPK ini masih kedapatan pesanan.

"Pemesanan masih berjalan terus. Karena masih ada ART-nya yang belum pulang. Terakhir sudah 185 pekerja, tapi yang waiting list sampai 250 pesanan," kata pemilik Tiara Kasih Bunda, Irena kepada detikFinance, Rabu (20/6/2018).


Angka pemesanan itu tentunya jauh lebih besar dibanding pemesanan ART permanen per bulannya yang hanya mencapai sekitar 50-75 pemesanan.

Untuk infal LPK yang berlokasi di Cibubur ini menawarkan ART dengan gaji Rp 150 ribu per hari, sementara untuk tenaga suster sekitar Rp 200 ribu per hari.

Tiara Kasih Bunda mematok biaya administrasi sebesar Rp 1 juta. Untuk pembayaran awal dia juga mewajibkan untuk pembayaran 50% gaji di awal. Sisanya setelah kontrak selesai.

"Kebanyakan pesan ART infal untuk 3 orang atau 2 untuk 1 rumah. Jadi cukup banyak," imbuhnya.


Belum lagi biasanya setelah Lebaran pemesanan untuk ART permanen juga melonjak. Sebab terkadang ART yang mudik tidak kembali lagi.

"Ada juga yang infal menjadi permanen. Tapi enggak banyak, paling hanya 10-20%," tutupnya. (Danang Sugianto/dna)