Follow detikFinance
Kamis, 21 Jun 2018 10:10 WIB

Starbucks Tutup 150 Gerai di AS, di RI Tambah 60

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Starbucks mengumumkan akan menutup sekitar 150 gerai di Amerika Serikat. Hal tersebut dilakukan lantaran penjualan sudah mulai kendor. Namun, hal sebaliknya dilakukan Starbucks di Indonesia.

Mengutip Reuters, perusahaan kopi terbesar di dunia itu saat ini sedang terhimpit persaingan baik dari kedai kopi lain maupun jaringan gerai makanan cepat saji yang juga menjual kopi dengan harga lebih murah. Seperti McDonald's dan Dunkin Donuts.

Namun berbeda dengan di Indonesia. Starbucks Indonesia tahun ini justru akan membuka puluhan gerai untuk meningkatkan ekspansi bisnis.


Head of Corporate Communication PT Mitra Adiperkasa Tbk Fetty Kwartati mengungkapkan tahun ini Starbucks akan buka di wilayah Jakarta dan luar Jakarta.

"Starbucks tahun ini akan menambah 60 gerai baru di wilayah Jakarta dan luar Jakarta," kata Fetty saat dihubungi detikFinance ditulis Kamis (21/6/2018).

Dia menjelaskan, pembukaan gerai baru dilakukan karena Starbucks di Indonesia terus berkembang dan prospeknya sangat baik.

Gerai kopi di bawah naungan PT MAP Boga Adiperkasa anak perusahaan ritel PT Mitra Adi Perkasa ini memang menghadapi persaingan dari kedai kopi lain. Namun Starbucks memiliki strategi yakni meningkatkan pertumbuhan penjualan dari gerai yang sudah ada dan menambah gerai baru.


"Kami juga adjust strategi promotion untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Meningkatkan pelanggan engagement melalui loyalty program. Dan masih banyak lagi," ujar dia.

Mengutip laman resmi Starbucks, kedai kopi ini masuk ke Indonesia pada 17 Mei 2002. Saat itu gerai pertama berada di Plaza Indonesia, kemudian diikuti Plaza Senayan. Setelah itu Starbucks buka di Surabaya yakni Tunjungan Plaza 4.

Hingga Januari 2018 jumlah gerai Starbucks mencapai 326 di 22 kota di Indonesia. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed