Follow detikFinance
Senin, 25 Jun 2018 16:30 WIB

Rizal Ramli Pernah Ingatkan Jokowi soal Kondisi Keuangan Garuda

Trio Hamdani - detikFinance
Rizal Ramli mantan Menko Kemaritiman/Foto: Agung Pambudhy Rizal Ramli mantan Menko Kemaritiman/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Mantan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli terbilang vokal mengkritik kinerja PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Hal itu sudah dia lakukan sejak sebelum menjabat menteri di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pria yang akrab disapa RR menuturkan pernah mengingatkan Jokowi soal masalah kinerja keuangan Garuda.

"Dua minggu sebelum RR dilantik menjadi Menko Maritim, Agustus 2015 RR katakan ke Jokowi, Garuda sudah rugi sejak 2014 dan akan terus rugi kalau tidak ada perombakan dan perbaikan," kata Rizal di kantornya, Tebet, Jakarta, Senin (25/6/2018).


"Juli 2015 saat kami bicara kepada Pak Jokowi 2 minggu sebelum kami dilantik, kami katakan Garuda kembali punya masalah besar karena pembelian pesawat yang ugal-ugalan, dan terbukti KPK temukan ada mark up," lanjutnya.

Saat itu,Rizal, menyarankan Jokowi agar kondisi Garuda secepatnya dibenahi.

"Kami sarankan waktu itu pada presiden, Garuda harus dibenahi secepat mungkin. Pak Jokowi katakan 'bagaimana baiknya deh mas Rizal'. Maka saat pelantikan RR katakan agar Garuda evaluasi pembelian pesawat jenis jarak jauh karena pasti akan rugi," lanjutnya.


Dia mengatakan hanya ingin membantu presiden untuk memberi solusi agar Jokowi bisa memperbaiki kondisi Garuda. Dengan demikian reputasinya di mata rakyat akan terjaga.

"Kami hanya tidak ingin reputasi Jokowi rontok kalau Garuda terpaksa dijual. Kami akan rumuskan strategi perbaikan Garuda, dan jika dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, Garuda bisa untung kembali dalam waktu kurang dari 2 tahun," tambahnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed