Follow detikFinance
Rabu, 04 Jul 2018 15:55 WIB

Ketua MPR: Jangan Sampai Rakyat Jadi Korban Pelemahan Rupiah

Moch Prima Fauzi - detikFinance
Foto: Dok MPR Foto: Dok MPR
Jakarta - Mata uang rupiah terus melemah terhadap dolar AS. Dikutip dari Reuters, Rabu (4/7/2018) siang rupiah masih melemah berada di kisaran Rp 14.325 terhadap dolar AS.

Pelemahan rupiah ini mendapat perhatian dari Ketua MPR Zulkifli Hasan. Karena faktanya setiap kali rupiah melemah maka rakyat bertambah miskin.

"Jangan sampai rakyat kecil jadi korban pelemahan rupiah. Faktanya juga kajian INDEF kalau rupiah melemah maka pekerja rentan terkena PHK," ujar Zulkifli.


Hal ini ditegaskan Zulkifli di sela sela menghadiri Silaturrahim dan Halalbihalal Pengurus Pusat Muhammadiyah di Aula KH Ahmad Dahlan, Rabu (4/7/2018).

Ketua Umum PAN ini meminta pemerintah lebih serius mengambil tindakan untuk menghentikan pelemahan rupiah.

"Segera ambil tindakan dan berikan kepastian untuk rakyat dan juga dunia usaha. Faktor eksternal tentu ada, tapi yang di internal ini segera dibenahi dulu," kata Zulkifli.


Ia berharap fundamental ekonomi Indonesia kuat dan bisa terus bertahan menghadapi faktor eksternal dan faktor internal menjelang tahun politik.

"Tentu perlu saling menguatkan dan menghindari ego sektoral. Apalagi menjelang Pemilu Legislatif dan Pilpres tahun depan," tutupnya.

Hadir dalam Halalbihalal tersebut antara lain Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (ega/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed