Follow detikFinance
Rabu, 04 Jul 2018 22:00 WIB

Darmin Yakin Ekonomi RI Tumbuh 5,3% di Kuartal II-2018

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Selfie Miftahul/detikFinance Foto: Selfie Miftahul/detikFinance
Jakarta - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution memprediksi pertumbuhan ekonomi kuartal II bisa mencapai 5,3%. Darmin menilai pertumbuhan tersebut bisa terjadi berdasarkan waktu panen puncak yang berada di April dan Mei atau masuk dalam kuartal II.

"Ya saya kira antara 5,2% atau 5,3%. Pertama itu panen kita bergeser, saya ingetin di kuartal pertama kan. Jadi panen kita bergeser kalau tahun lalu di kuartal I panen rayanya tahun ini di kuartal II April-Mei kan kuartal II jadi itu akan membuat pertumbuhan itu jadi tinggi dari kuartal II tahun sebelumnya gitu," katanya di Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Rabu (4/7/2018).


Selain itu, Darmin melanjutkan pertumbuhan tersebut juga didorong dengan adanya hari besar seperti Lebaran dan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak.

"Kemudian yang kedua ada pilkada kemarin ini banyak di daerah, ada lebaran berarti ada belanja orang lebih banyak berarti antara 5,2% sampai 5,3% gitu ya susah sih 5,3 tapi saya bilang saja ya," pungkasnya.


Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga optimis pertumbuhan ekonomi di kuartal II bisa sesuai target, yakni 5,2%.

"Diharapkan pertumbuhan ekonomi 5,2% karena (pertumbuhan) empat komponen lebih tinggi dari kuartal I tahun 2018," ujar Sri Mulyani beberapa waktu lalu. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed