Follow detikFinance
Kamis, 05 Jul 2018 19:27 WIB

Pelabuhan dan Kapal Besar Siap Dibangun buat Benahi Danau Toba

Resi Erlangga - detikFinance
Foto: Mardi Rahmat Foto: Mardi Rahmat
Medan - Kapal Motor Sinar Bangun tenggelam di perairan Danau Toba, Sumatera Utara, Senin 18 Juni 2018, lalu. Insiden itu membuat Pemerintah membenahi transportasi air yang ada di Danau Toba dengan membangun lima Pelabuhan dan enam kapal besar di danau terbesar di Asia Tenggara itu.

"Ada lima pelabuhan yang menjadi fokus utama yaitu Pelabuhan Tigaras, Pelabuhan Ajbata, Pelabuhan Muara, Pelabuhan Ambarita dan Pelabuhan Simanindo," kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi kepada wartawan, usai menghadiri Dialog Nasional Indonesia Maju, Medan, Kamis (5/7/2018).

Budi Karya mengungkapkan, setiap operator atau pengusahaan perorangan Kapal Motor Penyeberangan nantinya harus mengikuti semua regulasi yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan dengan mengutamakan keselamatan.

"Pasti, Salah satu bagiannya adalah, bagaimana kita mendapat sarana yang bagus. Kita menetapkan standar yang sesuai dengan ketentuan sehingga tidak dijumpai lagi kapal-kapal yang tidak memenuhi standar," tutur Budi Karya.

Kemudian, untuk mendukung Danau Toba menjadi destinasi wisata internasional, Kementerian Perhubungan tengah menyediakan enam unit kapal sebagai kapal wisata bahari di Danau Toba itu.

"Kami sekarang bangun 5 Pelabuhan bagus-bagus dan 6 Kapal. Kapal dengan kapasitas lebih 5 besar, yang sudah ada ini. Saya hari ini, juga akan berjumpa dengan keluarga korban di Tigaras," ucap Budi Karya.

Adapun guna menghindari kejadian tenggelamnya kapal seperti sebelumnya, pemantauan dan pengawasan pelayaran kapal ASDP di Danau Toba akan di ambil oleh pemerintah pusat yang selama ini dikelola oleh Pemprov Sumut dan Kabupaten Simalungun dan Samosir.

" Untuk pengawasan pelayaran kapal ASDP di danau toba akan di awasi oleh pemerintah pusat, sementara operasional tetap di tangani oleh propinsi dan kabupaten." tambahnya. (eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed