Tak Cuma Kendal, Jason Bourne Juga Blusukan ke Desa di Batang

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Selasa, 10 Jul 2018 10:57 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Selain mengunjungi desa di Kendal, aktor ternama Hollywood Matt Damon juga mengunjungi desa-desa di Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Di sana, Matt Damon bersama timnya ingin melihat langsung program dari organisasinya yang bergerak di bidang pemenuhan sumber air bersih, yakni water.org. Pemeran Jason Bourne yang tersohor itu ingin mengecek manfaat langsung kemajuan program water.org di Indonesia.

Dalam keterangan yang diterima detikFinance dari water.org, Matt Damon didampingi pihak Koperasi Mitra Dhuafa (KOMIDA) yang merupakan salah satu mitra pertama dari water.org Indonesia.


Di Batang, mereka menghadiri pertemuan pusat KOMIDA di Desa Kertosari, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, di mana mereka bertemu lima belas klien KOMIDA dan berbicara tentang pentingnya air bersih dan sanitasi.

Setelah mengunjungi Desa Kertosari, mereka kemudian mengunjungi Desa Denasri Kulon dan bertemu Dengan PDAM Batang yang juga bermitra dengan Water.org sejak 2016 dan dilanjutkan ke Desa Selopaniang Barat.

Dalam kesempatan itu Sang Jason Bourne bahkan sempat mengunjungi salah satu Pondok Pesantren yang ada di sana. Bagi Matt Damon, mengunjungi pesantren adalah pengalaman yang berbeda dan pertama kalinya buat mereka.


Sebanyak lebih dari 50 anak di sekolah asrama pesantren tersebut berdialog dengan mereka berdua didampingi salah satu Ustaz bernama Wahidin.

"Selama ini kami bersama dan bergilir mengambil air ke sumur. Airnya keruh dan berwarna kuning. Kamar mandi pesantren jadi kurang bersih," jelas Wahidin dalam keterangan water.org, seperti dikutip detikFinance, Selasa (10/7/2018).

Di hari berikutnya, Matt Damon kemudian mengunjungi program-program organisasinya yang ada di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Salah satunya ialah program yang bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tentang sanitasi. (fdl/zlf)