Pertama Kalinya, Jason Bourne Masuk Pesantren di Desa

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Selasa, 10 Jul 2018 12:27 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Aktor Hollywoood pemeran film action Jason Bourne, Matt Damon juga sempat berkunjung ke sebuah pesantren di Batang, Jawa Tengah. Ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungannya ke Indonesia.

Kedatangan Matt Damon ke Indonesia adalah dalam misi yang diusung oleh organisasi yang bergerak di bidang pemenuhan sumber air bersih, yakni water.org.

Matt Damon mendatangi beberapa desa yang berada di dua kabupaten di Jawa Tengah. Di sana, dia datang bersama dengan Gary White yang merupakan CEO White.org.


Ada yang menarik dalam kunjungan Matt Damon tersebut, saat datang ke salah satu desa di Batang, yakni Desa Selopajang Barat dia menyempatkan diri untuk mendatangi pondok pesantren tradisional, Sabillun Najah.

Bagi Matt Damon dan Gary White, mengunjungi pesantren adalah pengalaman yang berbeda dan pertama kalinya buat Mereka. Pondok pesantren ini merupakan salah satu penerima manfaat adanya air perpipaan dari PDAM Batang yang merupakan salah satu mitra dari water.org sejak 2016.

Sejak Pesantren Sabillun Najah berlangganan air perpipaan PDAM kini para santri bisa memiliki lebih banyak waktu untuk belajar dan bermain. Mereka sekarang tidak harus berjalan jauh untuk mendapatkan air berkat program WaterConnect yang disediakan oleh PDAM Batang.


Tonton juga 'Pengorbanan Warga Desa Probolinggo demi Dapat Air Bersih':

[Gambas:Video 20detik]

"Selama ini kami bersama dan bergilir mengambil air ke sumur. Airnya keruh dan berwarna kuning. Kamar mandi pesantren jadi kurang bersih," ungkap salah satu Ustaz, Wahidin dalam keterangan yang diterima detikFinance dari water.org, Selasa (10/7/2018).

Di pondok pesantren itu juga, Matt Damon berdiskusi dengan sebanyak 50 anak dengan didampingi Ustaz Wahidin. Matt pun bertanya kepada salah satu santri mengenai manfaat dari air perpipaan.

"Jika kamu sudah mudah mendapatkan air bersih dari PDAM, dan tidak perlu lagi berjalan jauh, lalu waktu kamu sekarang digunakan untuk apa?" Tanya Matt.

Santri pun menjawab bahwa waktunya itu bisa digunakan untuk lebih banyak bermain dan belajar.

Maat Damon juga bertanya seputar pengetahuan santri terhadap kebersihan dan higenitas. Misalnya, kapan saja mereka mencuci tangan pakai sabun, dan bagaimana mereka harus menjaga kebersihan sehari-harinya.

Pertama Kalinya, Jason Bourne Masuk Pesantren di Desa
(fdl/zlf)