Follow detikFinance
Rabu, 11 Jul 2018 14:37 WIB

Surplus Neraca Dagang RI Bisa Lebih dari US$ 1 Miliar di Juni

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Bank Indonesia (BI) memperkirakan neraca perdagangan pada Juni 2018 surplus lebih dari US$ 1 miliar. Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan angka surplus ini lebih tinggi dari yang awalnya diperkirakan sebesar US$ 900 juta.

"Dengan data-data terakhir neraca perdagangan Juni itu akan lebih tinggi dari yang kita perkirakan sebelumnya, yang semula kita perkirakan data-data minggu pertama, minggu kedua surplusnya US$ 900 juta ini bisa lebih tinggi dari US$ 1 miliar," kata Perry di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (11/7/2018).


Perry mengungkapkan, surplusnya neraca perdagangan di Juni juga akan memperbaiki kondisi defisit neraca transaksi berjalan (current account deficit/CAD) sampai akhir tahun.

"Dengan perhitungan itu tentu saja nanti kita lihat, kita kalkulasi berapa CAD di kuartal II. Tapi sudah jauh-jauh hari kita mengingatkan CAD secara musiman di kuartal II lebih tinggi," jelas dia.


Dia menyebut, defisit transaksi berjalan sampai akhir tahun 2018 akan berada di bawah 2,5%.

"Secara musiman yang akan turun di kuartal II, maupun III, secara keseluruhan tahun 2018 itu tidak lebih dari 2,5% dari PDB," tutup dia. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed