Follow detikFinance
Rabu, 11 Jul 2018 15:31 WIB

Soal Rumah PNS Tanpa DP, MenPAN: Untuk Rumah Pribadi

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Danang Sugianto Foto: Danang Sugianto
Jakarta - Pemerintah telah menyiapkan skema pembiayaan perumahan khusus aparatur sipil negara (ASN), prajurit TNI dan Polri. Sampai saat ini terdapat 945 ribu ASN, 275 ribu TNI, dan 360 ribu anggota Polri yang belum memiliki rumah.

Skema yang disiapkan pemerintah ialah mulai dari tanpa uang muka (down payment/DP) hingga tenor yang lebih panjang dari skema kredit pemilikan rumah (KPR) biasanya.

Menteri PAN-RB Asman Abnur mengatakan dengan adanya bantuan ini, diharapkan setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang masih kesulitan untuk memiliki rumah bisa lebih terbantu.


"Sehingga nanti sebelum pensiun dia jadi sudah punya rumah. Ini lah nanti yang dibangun oleh Badan Pensiun itu. Mungkin nanti Taspen yang kita integrasikan," kata Asman di ICE BSD, Tangerang Selatan, Rabu (11/7/2018).

Asman juga menjelaskan, bahwa konsep dari bantuan ini ialah dapat memberikan harga rumah yang lebih rendah untuk ASN. Nantinya, rumah yang dimaksud bukanlah rumah rumah dinas, melainkan milik pribadi.

"Kalau yang mau kita bangun ini kan kepemilikan (pribadi) ASN, supaya dia dapat rumah yang terjangkau harganya," jelas dia.


Walau begitu, Asman masih belum bisa merinci lebih detil dari skema perumahan ini. Sementara soal lahan, dia mengatakan pemerintah sedang menyiapkannya.

"(Untuk lahannya) lagi diproses," jelas Asman. (fdl/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed