Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 13 Jul 2018 13:19 WIB

Mereka yang Pernah 'Serang' Susi, dari Cak Imin hingga Fahri Hamzah

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Halaman 1 dari 5
Foto: Muhammad Abduh/Wolipop Foto: Muhammad Abduh/Wolipop
Jakarta - Seorang Susi Pudjiastuti banyak dipuji atas keberhasilannya membersihkan laut Indonesia dari kapal-kapal pencuri ikan. Kapal-kapal pencuri ikan tersebut diyakini telah banyak merugikan negara selama puluhan tahun karena mengambil hasil laut Indonesia dengan cuma-cuma.

Namun, tak sedikit pula serangan ditujukan terhadap apa yang dilakukan wanita asal Pangandaran tersebut sebagai orang nomor satu di Kementerian Kelautan dan Perikanan. Kebijakan Susi tak selamanya dianggap mumpuni.

Berbagai tokoh pernah 'menyerang' Susi dengan tudingan-tudingan miring. Pada awal tahun 2017, ketua umum PKB Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin sempat menabuhkan genderang perang terhadap Susi dengan mengancam mengerahkan anak buahnya di DPR untuk menggulirkan Hak Angket terkait larangan penggunaan cantrang.

Selanjutnya, giliran politisi partai Gerindra Fadli Zon yang 'sentil' Susi. Fadli menuding kinerja Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hanya dilihat dari penenggelaman kapal dan peningkatan stok ikan.

Sebelumnya, Susi juga sempat diminta untuk berhenti melakukan aksi penenggelaman kapal yang telah ditangkap dan terbukti melakukan pelanggaran IUU (Illegal, Unregulated, Unreported) fishing. Hal itu diminta langsung oleh menteri koordinator kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

Dan yang paling anyar, Susi dituding masih belum mampu menyelesaikan pekerjaannya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan mendekati masa akhirnya menjabat. Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah yang juga merupakan politisi dari PKS.

Mari kita simak kembali tudingan-tudingan tersebut dan jawaban Susi terhadap tuduhan tersebut. (eds/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed