Follow detikFinance
Selasa, 17 Jul 2018 21:33 WIB

Mentan Sebut Kenaikan Harga Telur Ayam Hanya Sementara

Nabilla Nufianty Putri - detikFinance
Foto: Kementan Foto: Kementan
Malang - Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, menanggapi harga telur yang mengalami lonjakan pada beberapa hari lalu. Menurutnya itu lonjakan hanya bersifat sementara.

"Ya ini (kenaikan telur) sifatnya sementara, karena bertepatan dengan musim haji," ujarnya di sela-sela kunjungan kerja di Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu, Malang pada Selasa (17/07/2018).

Menurutnya, kenaikan telur itu hanya akan berlangsung sebentar, dan diperkirakan minggu ini sudah stabil kembali.

"Karena kita sudah ekspor juga. Karena permintaan dari luar juga tinggi. Jangan naik 2 hari beritanya seminggu, turun sebulan tidak ada beritanya," tambah Amran.


Pada kunjungan tersebut, Amran juga antusias dalam perkembangan telur yang ada di sana, salah satunya adalah telur Omega 3. Menurutnya, telur tersebut sangat bagus karena kolesterol yang terkandung di dalamnya hanya 40% dibanding telur ayam pada umumnya.

"Ini telur ayam Omega 3, kolesterol rendah hanya 40% kalo telur biasa 70%, harga juga hanya Rp 2.000. Anti stres, harga naik dimarah, harga turun juga dimarah," ujar Amran saat sambutan acara pelepasan sejuta bibit jeruk unggul.

Dalam candaannya, perlu adanya pemberitahuan pada pejabat yang sering stres untuk mengonsumsi telur Omega 3 agar tidak stres. Bahkan, Amran meminta Dirjen untuk mengangkat pimpinan penemu telur Omega 3 untuk diangkat, bahkan tanpa tes karena Amran butuh hasil bukan diskusi.

Dalam acara tersebut, Amran tidak hanya bercerita telur saat kunjungannya ke BBPP Batu, tetapi ada juga olahan susu yang jika dijual biasa hanya Rp 5.000, contohnya yogurt, permen susu, ice cream, nugget susu dn lain-lain. Bahkan jika produk yang sudah diolah bisa menjacapai Rp 80.000.

"Menyayangi petani, menyayangi ini bangsa. Ketahanan pangan identik dengan ketahanan negara," tutupnya.

(idr/idr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed