Follow detikFinance
Rabu, 18 Jul 2018 15:46 WIB

Jokowi Minta Menteri Waspada Ketidakpastian Global

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Bogor - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada seluruh menteri kabinet kerja waspada terhadap ketidakpastian global yang terus membayangi ekonomi nasional.

Hal itu disampaikan saat membuka sidang kabinet tentang rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN) 2019.

Jokowi bilang, ketidakpastian global akan terus berlanjut seiring kebijakan normalisasi moneter yang terus dilakukan oleh Amerika Serikat (AS), serta potensi perang dagang antara AS dengan China.


"Saya minta kita semuanya terus waspada, bersiap diri dengan berbagai langkah strategis menghadapi dampak ketidakpastian global," kata Jokowi di Istana Bogor, Rabu (18/7/2018).

Jokowi meyakini ekonomi Indonesia memiliki daya tahan yang lebih baik dibanding negara-negara lain dalam menghadapi ketidakpastian dunia.


"Untuk menghadapi ketidakpastian ini kuncinya sinergi kebijakan moneter dan fiskal yang tepat, yang diorkestrasi dengan baik sehingga menjadi harmonis," papar dia.

Jokowi mengatakan pemerintah harus terus menyiapkan langkah-langkah terobosan seperti pemberian insentif yang tujuannya meningkatkan investasi, ekspor.

"Dan satu lagi langkah-langkah terobosan dalam rangka meningkatkan sektor pariwisata yang bisa mendatangkan devisa secara cepat ini juga sama penting," mantan Gubernur DKI Jakarta itu. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed