Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 18 Jul 2018 16:00 WIB

Jokowi ke Menteri: Susun Anggaran Jangan Mengada-ada

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Andhika Prasetia/detikcom Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Bogor - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan seluruh menteri di kabinet kerja tidak mengada-ada dalam menyusun anggaran di instansi yang dipimpinnya. Jokowi juga meminta dalam penyusunan rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN) 2019 harus realistis.

"Dalam penyusunan RAPBN 2019 saya minta dipastikan postur anggaran itu realistis, dan sehat, sekali lagi digarisbawahi jangan sampai mengada-ada," kata Jokowi saat membuka sidang kabinet paripurna (SKP) tentang RAPBN 2019 di Istana Bogor, Rabu (18/7/2018).


Penyusunan postur anggaran yang realistis bisa menguatkan fondasi perekonomian dalam negeri dan mengantisipasi ketidakpastian global.

"Kita harus terus menjaga momentum pertumbuhan ekonomi yang telah kita capai, mendorong daya saing, mendorong investasi, mendorong ekspor," jelas dia.


Selain itu, Jokowi juga menyampaikan menyinggung sektor pendapatan negara. Reformasi perpajakan masih menjadi kunci untuk menegakan kemandirian pembiayaan pembangunan nasional.

"Tapi juga harus ditempatkan sebagai instrumen untuk menjaga iklim usaha dan menggerakkan perekonomian nasional," tutur Jokowi. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed