Follow detikFinance
Jumat, 03 Agu 2018 13:35 WIB

JK Minta Setop Impor Ferrari, Luhut: Saya Dukung

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mendukung pernyataan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) untuk menghentikan impor mobil mewah seperti Ferrari dan Lamborghini.

"Kalau Pak JK bilang begitu saya dukung saja. Kalau demi kepentingan nasional," ujarnya di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman di Jakarta, Jumat (3/8/2018).

Menurutnya, hal itu dilakukan untuk kepentingan nasional. Terlebih, saat ini kebutuhan akan dolar besar.

"Kepentingan nasional kita pegang. Karena Presiden sudah bilang negara butuh dolar kan. Kita sudah lama terlalu senang impor," ujarnya.


Sebelumnya, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengaku akan mengusulkan penghentian impor mobil-mobil mewah guna menjaga neraca perdagangan Indonesia.

Usulan tersebut, dianggap JK bisa menekan tingginya impor dibanding ekspor nasional, sehingga berujung pada surplusnya neraca perdagangan Indonesia.

"Ini akan diklasifikasikan untuk mengurangi impornya, saya malah mengusulkan sudah kita hentikan impor mobil yang di atas 3.000 cc," kata JK saat acara Business Lunch di Jakarta, Kamis (2/8/2018).

Mobil mewah yang dimaksud, lanjut JK, adalah seperti Ferrari, Lamborghini dan mobil mewah lainnya yang berasal dari impor.

"Tidak usah impor Ferrari, tidak usah impor Lamborghini, contohnya macam-macam itu supaya mengurangi faktor-faktor impor tadi," jelas dia.



Saksikan juga video 'Jokowi Tak Ingin Pasar Industri Otomotif Dikuasai Mobil Impor!':

[Gambas:Video 20detik]

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed