Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 09 Agu 2018 15:20 WIB

Dibayar 'Suka-suka' Pembeli, Bisnis Soto Goceng Bisa Balik Modal?

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Dok. Pribadi Foto: Dok. Pribadi
Jakarta - Hanya bermodal Rp 5.000 bahkan gratis, masyarakat bisa mendapatkan seporsi soto ayam di warung Soto Goceng. Beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan, Pulo Gadung, Jakarta Timur, warung ini tak mematok harga tertentu. Kalau sudah begitu, dijamin bisa balik modal?

Pemilik Warung Soto Goceng Eko Wicaksono memastikan bisa balik modal dalam enam bulan, dari modal Rp 10 juta hingga Rp 15 juta yang digelontorkan.

"Ini kalau hitungan BEP (break even point) yaitu balik modal, katakanlah kalau hitungan sederhananya enam bulan sudah balik modal, walaupun nggak ada patokan harga," katanya saat berbincang dengan detikFinance di lokasi, Kamis (9/8/2018).


Dia memiliki keyakinan tersebut karena dari setiap pembeli di warungnya ada saja yang membayar lebih. Artinya, tidak semua pembeli membayar Rp 5.000, atau bahkan tak membayar sepeserpun. Hal itu dia ketahui dari pecahan rupiah mencapai Rp 100.000 yang masuk ke kotak pembayaran.

"Kadang kala donasi dimasukannya ya ke dalam kotak saat dia bayar dengan melebihkan, dan saya juga nggak tahu berapa yang dia kasih. Kalau lihat trennya satu minggu ini saya yakin kok banyak orang baik, banyak orang mau berbagi. Pasti saya yakin ini bisa bertumbuh baik," jelasnya.


"Tapi ada yang dengan senang hati memberikan Rp 100.000," sebutnya.

Belum lagi ada donatur yang secara langsung mendukung dari segi pendanaan.

"Minggu pertama saja sudah banyak, katakanlah kalau saya bilang kontributor ya, sudah banyak kontributor yang mulai katakanlah men-support kita, mendukung kita, kegiatan kita, donasi," tambahnya.


Saksikan juga video 'Manisnya Bisnis Minuman Cokelat Beromset Puluhan Juta':

[Gambas:Video 20detik]

(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com