CONTINUE TO SITE >

Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 14 Agu 2018 23:30 WIB

Aturan Penyederhanaan Tunjangan PNS Lagi Digodok

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Adhar Muttaqin Foto: Adhar Muttaqin
Jakarta - Meski sudah mengajukan pengunduran diri dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Asman Abnur menegaskan usulannya terkait proses penyederhanaan tunjangan PNS tepat dilakukan.

"Itu tetap jalan yang namanya kerjaan kan enggak boleh berhenti," tuturnya di Gedung KemenPAN-RB, Jakarta, Selasa (14/8/2018)

Asman mengatakan saat ini usulan kebijakan tersebut masih dalam bentuk perencanaan. Pemerintah masih menggodok aturan tersebut.


Intinya pemerintah akan memberikan tunjangan berdasarkan kinerja dari masing-masing PNS. Jika kinerjanya baik maka tunjangan yang didapat akan lebih besar, sebaliknya jika kinerja PNS buruk tidak mendapatkan tunjangan.

"Ya yang jelas tujuannya lebih baik tapi berbasiskan kinerja. Jadi kinerja yang jadi ukuran. Ya bisa tambah tunjangannya karena kinerja makin bagus. Ya kalau buruk ya enggak dapat," terangnya.


Sebelumnya Wakil Presiden Jusuf Kalla menggelar Rapat Komite Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional (KPRBN) Kamis (9/8)/2018). Salah satu yang dibahas adalah penyederhanaan tunjangan PNS.

"Masalah penilaian kinerja, penempatan, masalah penggajian, itu nanti Menkeu. Intinya adalah tidak akan memperbanyak tunjangan-tunjangan itu, itu banyak banget," kata Menko Polhukam Wiranto usai rapat di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018).


"Itu akan disederhanakan sehingga gajinya firm, sederhana tapi jelas. Nominalnya belum tahu," jelasnya.

Rapat dipimpin oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Selain Wiranto, hadir pula di antaranya Menko PMK Puan Maharani, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menkeu Sri Mulyani, dan Menpan RB Asman Abnur.


Saksikan juga video ' Nah Lho! Tunjangan ASN DKI Bakal Ditentukan dari Kinerja ':

[Gambas:Video 20detik]

(das/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed