CONTINUE TO SITE >

Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 15 Agu 2018 22:40 WIB

Pengusaha Akui Tak Semua Devisa Hasil Ekspor Dibawa Pulang

Trio Hamdani - detikFinance
Ketua umum Kadin Rosan Roeslani/Foto: Muhammad Idris Ketua umum Kadin Rosan Roeslani/Foto: Muhammad Idris
Jakarta - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani mengakui belum semua devisa hasil ekspor (DHE). Dari seluruh devisa hasil ekspor 19%-20% diantaranya masih berada di luar negeri.

"Memang pada saat ini dari 100% DHE baru 80-81% yang masuh ke Indonesia. Ada 19-20% belum masuk," katanya usai rapat tertutup dengan pemerintah di The Westin, Jakarta Selatan, Rabu (15/8/2018).


Rosan juga menyampaikan rata-rata DHE yang masuk Indonesia, baru 15% yang ditukarkan ke rupiah. Sementara dibutuhkan lebih banyak untuk bisa menjaga stabilitas rupiah.

"Sebenarnya sudah banyak teman teman pengusaha kita membawa 100% dananya, namun rata-rata memang baru 15% yang ditukarkan ke rupiah, tetapi ada yang sudah 75%. Kalau yang baru cuma 15% ditukar ke rupiah, target kita paling nggak bisa naik ke 45%," lanjutnya.


Masih banyaknya devisa yang berada di luar negeri, disebut Rosan karena Indonesia memang menganut sistem devisa bebas. Tapi tentu perlu kesadaran pengusaha untuk membawa pulang devisa hasil ekspor.

"Kita sadari bahwa kita menganut undang-undang devisa bebas sehingga apa yang kta lakukan, dunia usaha harus menyadari. Alhamdulillah Menko (Darmin Nasution), Menkeu (Sri Mulyani) sangat responsif dengan keluarkan kebijakan yang bisa menunjang kita melakukan kegiatan itu," tambahnya.


Di luar itu pengusaha sepakat membawa 100% DHE kembali ke dalam negeri untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah.

"Jadi buat kami, kita sepakat teman teman pelaku usaha kita usahakan sampai 100% bawa dana hasil ekspor kita," jelasnya.


Saksikan juga video ' Saat Menteri Pariwisata Samakan Indonesia dengan Penjual Pulsa ':

[Gambas:Video 20detik]

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed