Jokowi Ungkap Pentingnya Peran BPK

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 16 Agu 2018 10:16 WIB
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan peran penting Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam mengawal pengelolaan dan peningkatan kualitas pertanggungjawaban keuangan negara.

Jokowi mengatakan, BPK melalui berbagai rekomendasi serta sejumlah dukungan lainnya telah berhasil memastikan perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) bagi Laporan Keuangan Pemerintah Pusat dan sebagian besar Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2017.

"Rekomendasi BPK yang diiringi dengan beragam dukungan lainnya juga berhasil menaikkan kualitas laporan keuangan dari beberapa pemerintah daerah sesuai target yang ditetapkan pada RPJMN 2015-2019," kata Jokowi saat berpidato dalam sidang tahunan MPR, Jakarta, Kamis (16/8/2018).


Di tahun 2018, Jokowi menyebut, BPK berinisiatif memberikan perhatian khusus pada suksesnya pengelolaan dana desa yang menyerap porsi cukup besar dari anggaran pemerintah.

Tidak kalah penting, lanjut Jokowi, BPK juga melanjutkan komitmennya untuk ikut mendukung pengelolaan kinerja keuangan internasional, guna menyukseskan pembangunan antarbangsa di bawah agenda PBB. BPK terus aktif dalam berbagai Kongres Asosiasi Badan Pemeriksa Keuangan Sedunia atau INTOSAI.

"BPK juga telah mengkoordinasikan persiapan implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals 2030 yang telah ditetapkan PBB," ungkap dia.


Saksikan juga video ' BPK Sentil Kemendag Terkait Izin Impor Beras ':

[Gambas:Video 20detik]

(hek/fdl)