Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 16 Agu 2018 13:37 WIB

DPR Komit Bereskan UU Daerah Kepulauan

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Lamhot aritonang Foto: Lamhot aritonang
Jakarta - Untuk mendukung pemerataan dan keadilan di seluruh Indonesia dibutuhkan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah. Bambang Soesatyo untuk itu Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) berkomitmen untuk segera menyelesaikan rancangan undang-undang terkait daerah kepulauan.

Bambang mengungkapkan parlemen berkomitmen untuk mendukung percepatan dan pemerataan di seluruh Indonesia.

"Kemudian sebagai salah satu bentuk komitmen DPR terhadap pemerataan pembangunan, perlu ada dorongan untuk menyelesaikan Rancangan undang-undang (RUU) tentang daerah kepulauan," kata Bambang dalam sidang bersama di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (16/8/2018).



Dia mengungkapkan kehadiran RUU ini sangat penting untuk mendorong pemerataan ekonomi nasional dan percepatan pembangunan di daerah kepulauan. Karena itu dibutuhkan aliran atau alokasi anggaran secara khusus dalam anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

"Mengingat daerah-daerah kepulauan, terutama di kawasan Indonesia Timur masih jauh tertinggal dibanding dengan daerah yang lain," ujar Bambang.

Rancangan undang-undang (RUU) terkait Daerah Kepulauan memang sudah masuk program legislasi nasional (Prolegnas) prioritas 2018. RUU tentang Daerah Kepulauan, dalam Prolegnas 2015-2019, tertulis: RUU tentang Penyelenggaraan Pemerintah di Wilayah Kepulauan). Program ini diinisiasi oleh Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Dalam RUU tentang percepatan pembangunan daerah kepulauan pasal I disebutkan Percepatan Pembangunan Daerah Kepulauan adalah proses, upaya dan tindakan, keberpihakan dan pemberdayaan yang dilakukan secara terencana, terkoordinasi, dan terpadu untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Daerah Kepulauan.



Pembangunan adalah suatu proses, upaya, dan tindakan untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

Daerah Kepulauan adalah provinsi kepulauan yang memiliki wilayah laut lebih luas dari wilayah darat, yang di dalamnya terdapat pulau-pulau termasuk bagian pulau yang membentuk gugusan pulau, menjadi satu kesatuan geografi, ekonomi, politik dan sosial budaya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com