Follow detikFinance
Minggu, 19 Agu 2018 21:11 WIB

Berapa Modal Jadi Hantu?

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Selfie Miftahul Jannah Foto: Selfie Miftahul Jannah
Bandung - Untuk mendulang rupiah banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya menjadi cosplayer hantu. Untuk bisa jadi hantu ternyata perlu juga modal, mulai dari pakaian, make-up sampai kebutuhan lainnya.

Hal tersebut dijelaskan Koordinator Lapangan Para Hantu di Jalan Asia Afrika Agus Barwok. Ia menjelaskan modal awal untuk menjadi hantu beragam, tergantung dari kesulitan desain kostum, contohnya seperti kuntilanak. Kostum kuntilanak membutuhkan kain yang lebar sampai jahitan yang rapi. Fungsinya, agar kostum tidak cepat rusak.

"Beragam ya, tergantung kita mau jadi apa. Tapi kalau mau jadi apapun yang penting jahitannya rapi dan kuat agar kostunya awet," kata dia kepada detikFinance, Sabtu (18/8/2018).



Untuk satu kostum para hantu di kawasan Jalan Asia Afrika harganya beragam, karena mereka menjahit dan mendesain sendiri. Namun, Agus menjelaskan untuk kain saja yang biasa dia beli di Pasar Baru Bandung dibeli sekitar Rp 100.000 kemudian.

Setelah itu kain dijahit dengan biaya sekitar Rp 100.000, setelah itu kebutuhan lain seperti make-up hantu dan cat, Agus mengatakan perlu biaya Rp 150.000. Dari semua peralatan yang dibutuhkan yang paling mahal yaitu wig. Harga wig kata Agus ada di kisaran Rp 300.000.

"Pokoknya total semua Rp 750.000 ya untuk satu karakter hantu, yang paling bisa murah itu make-up sih, karena itu kan bisa dipakai berkali kali," ujar dia.

Per harinya ketika sedang ramai ia bisa mendapatkan uang Rp 100.000 sampai Rp 150.000/ malam.

"Kalau ramai sih bisa sampai Rp 100.000 kalau lagi rame banget seperti Malam Minggu atau saat masa liburan bisa Rp 150.000," jelas dia.



Ia menjelaskan saat ini para hantu yang tergabung dalam Comunitas Jurig atau hantu dalam bahasa Sunda (Comjurig) bisa mendulang rezeki melalui sesi foto bersama dengan para pejalan kaki.

Para hantu ini tidak memiliki standar untuk sekali sesi foto. Namun, kebanyakan para wisatawan yang ingin foto bersama memberikan Rp 2.000 sampai Rp 5.000/ sesi foto bersama.


Saksikan juga video ' Hati-hati! Beli Martabak di Sini Dilayani Hantu ':

(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed