Follow detikFinance
Selasa, 21 Agu 2018 18:01 WIB

Modal Rp 50 Juta, Zabidi Raup Rp 2 Miliar Jualan Hewan Kurban

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Dok Pribadi Foto: Dok Pribadi
Jakarta - Zabidi rela meninggalkan pekerjaan di perusahaan asing demi berjualan hewan kurban. Modal awal yang dikeluarkannya hanya Rp 50 juta. Kini dia meraup omzet Rp 2 miliar.

Awalnya pada 2004 dia menjadi supplier hewan kurban. Berbekal modal Rp 50 juta tadi, dia membeli hewan kurban dari peternak, kemudian ia jual lagi ke konsumen dengan mengambil untung.

"Waktu itu masih murah, modalnya sekitar Rp 50 juta. Waktu itu dari orangtua pemberian buat modal usaha," katanya berbincang dengan detikFinance, Jakarta, Selasa (21/8/2018).

Dia terus menggeluti usaha yang bisa disebut musiman ini, karena datang hanya pada saat hari raya Idul Adha. 6 tahun berjalan kemudian di 2010 dia berhenti jadi supplier dan naik kelas menjadi penjual sekaligus peternak. Dia pun menambah modal Rp 100 juta yang ia dapatkan dari temannya.


"Itu sekitar Rp 100 juta. Itu pinjam semua sama teman," lanjutnya.

Dari situ dia tak lagi menjadi suplier dan naik kelas menjadi peternak. Usahanya terus berkembang hingga mendapatkan omzet miliaran rupiah.

"Segi keuntungan lumayan, ya omzet saya sekitar Rp 2 miliar per musiman," sebutnya.



Omzet tersebut dia peroleh dari menjual sapi sekitar 130 ekor, dan kambing sekitar 110 ekor. Dia menjual hewan kurban di UD Peternakan Jawa Limousin, Jalan Kembang Beji, Depok. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed