Follow detikFinance
Selasa, 21 Agu 2018 22:35 WIB

Sukabumi dan Pangandaran akan Jadi KEK Pariwisata

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Kawasan Pangandaran/Foto: (Randy/detikTravel) Kawasan Pangandaran/Foto: (Randy/detikTravel)
Jakarta - Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan akan ada dua kawasan ekonomi khusus (KEK) di Sukabumi dan Pangandaran. Dua daerah di Jawa Barat (Jabar) bagian selatan tersebut diharapkan bisa menggenjot kunjungan wisatawan di Indonesia.

"Kami mengusulkan ada dua kawasan ekonomi khusus pariwisata, satu di Sukabumi, satu di Pangandaran" kata Arief di Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta Pusat, Selasa (21/8/2018).

Selain dua KEK wisata, Arief juga mengatakan akan ada ratusan desa wisata di Jabar selatan. Hal ini juga sudah dikomunikasikan dengan Menteri Desa dan Pembangunan Desa Tertinggal, Eko Putro Sandjojo.


"Dengan Kemendes ratusan desa wisata akan kami bangun di Jawa Barat bagian selatan. sudah confirm dengan Pak Eko tadi," tutur Arief.

KEK Pangandaran dikhususkan untuk wisata bahari, sedangkan KEK Sukabumi untuk agrowisata. Akses menuju dua daerah tersebut juga akan diperbaiki dengan bantuan dari Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan.

"Tadi sudah dibahas dengan PUPR, Kemenhub termasuk kemungkinan pengembangan bandara di Sukabumi. Jadi jangan khawatir," ujar Arief.


Pembangunan dua KEK tersebut direncanakan pada 2019 tahun depan setelah disetujui oleh Kemenko Perekonomian. Anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan dua KEK tersebut sekitar Rp 8 triliun.

"Sementara kalau untuk yang Cikidang itu kira-kira Rp 3 triliun. Kalau pangandaran lebih besar, total Rp 5 triliun. Jadi Rp 8 triliun," tutur Arief.


Saksikan juga video 'Saat Menteri Pariwisata Samakan Indonesia dengan Penjual Pulsa':

[Gambas:Video 20detik]

(ara/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed