Follow detikFinance
Jumat, 24 Agu 2018 18:26 WIB

Rizal Ramli: Sri Mulyani Tidak Berani Debat Utang dengan Saya

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Perselisihan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dengan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan membuat Ekonom Senior Rizal Ramli ikut berkomentar. Dia bahkan mengungkit kembali tantangan debat yang dilayangkannya.

Menurut Rizal Ramli, Sri Mulyani terkesan menghindari tantangan perdebatannya. Berbeda ketika menghadapi Zulkifli, Sri Mulyani justru menanggapinya.

"Presiden Jokowi sudah memerintahkan SMI (Sri Mulyani Indrawati) untuk debat dengan Rizal Ramli soal utang dan ekonomi makro. SMI justru menghindar dari debat itu, karena sesungguhnya dia adalah bagian dari masalah utang itu sendiri," tuturnya kepada detikFinance, Jumat (24/8/2018).


Rizal menuding, Sri Mulyani yang bertanggung jawab atas utang Indonesia saat ini. Sebab menurutnya Sri Mulyani yang memiliki inisiatif untuk menerbitkan utang saat dia menjadi Menteri Keuangan di era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Ketika SMI jadi Menkeu SBY menerbitkan utang US$ 43 miliar dengan bunga 2% lebih mahal dari negara-negara yang ratingnya lebih rendah dari Indonesia, seperti Thailand, Vietnam, dan Fillipina. Rakyat Indonesia harus bayar bunga tambahan Rp 121 triliun. Itu sangat merugikan bangsa Indonesia dan sebetulnya merupakan tindakan kriminal," tambahnya.

Dia juga menuding, sebagai Menteri Keuangan, Sri Mulyani tidak mampu menjaga kondisi perekonomian Indonesia.

"SMI juga tidak mampu kelola ekonomi makro secara baik, sehingga ekonomi semakin merosot dan berisiko. Itulah hal-hal yang menyebabkan SMI tidak berani debat dengan Rizal Ramli," tegasnya.

(das/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed