Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 27 Agu 2018 13:00 WIB

Sri Mulyani Jamin Setop Barang Impor Tak Ganggu Investasi

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Lamhot Aritonang Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan rencana pemerintah membatasi impor 900 komoditas tidak akan mengganggu pertumbuhan investasi dan kegiatan ekspor.

Untuk memastikan hal tersebut, Sri Mulyani menyampaikan pemerintah mengidentifikasi komoditas yang keterkaitannya kecil dengan produksi industri maupun kegiatan investasi, sehingga dampaknya akan kecil jika itu dibatasi impornya.


"Pertama identifikasi komoditas yang dianggap memiliki hubungan dengan produksi atau investasi yang kecil," katanya di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Senin (27/8/2018).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menjamin, dengan mengendalikan impor komoditas yang kaitannya kecil dengan kegiatan investasi dan produksi atau eskpor, tidak begitu mengganggu dunia usaha tersebut.

"Sehingga kalau kita melakukan tindakan pengendalian itu pengaruhnya terhadap growth (pertumbuhan) terutama investment masa depan, dan juga ekspor kita, dia tidak terjadi atau seminimal mungkin," sebutnya.


Berkaitan dengan itu, fokus pemerintah adalah untuk membatasi impor komoditas konsumsi. Selain itu pembatasan impor dilakukan terhadap komoditas yang sudah diproduksi di dalam negeri.

"Prinsip yang paling utama, mereka tidak mempengaruhi investasi, maupun ekspor, dan juga yang sudah diproduksi di dalam negeri, sehingga pengaruhnya terhadap masyarakat kecil atau bahkan positif," tambahnya.



Saksikan juga video 'Identifikasi Barang Impor Diperketat!':

[Gambas:Video 20detik]

Sri Mulyani Jamin Setop Barang Impor Tak Ganggu Investasi
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com