Follow detikFinance
Senin, 27 Agu 2018 17:08 WIB

Heboh Zumi Zola Beli Action Figure dari Hasil Korupsi

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Tim Infografis Foto: Tim Infografis
Jakarta - Zumi Zola Zulkifli didakwa menerima gratifikasi total Rp 44 miliar. Yang tidak kalah bikin heboh, hasil gratifikasi tersebut, salah satunya untuk membeli action figure alias miniatur karakter superhero.

Tak tanggung-tanggung, harga action figure yang dibayar oleh Zumi Zola nilainya mencapai Rp 52 juta. Jelas bukan harga yang murah, pasalnya merek action figure yang dia beli memang terkenal, yakni Hot Toys Limited dan XM Studios.

Dilansir dari situs web resminya, Senin (27/8/2018), Hot Toys didirikan tahun 2000. Hot Toys secara khusus mendesain, mengembangkan, dan memproduksi koleksi action figure berkualitas tinggi dan sangat rinci dengan kemiripan autentik.


Awalnya mereka hanya memproduksi skala 1/6 untuk action figure militer. Singkat cerita produknya mulai berkembang ke karakter film populer, permainan video game, komik, serta selebriti terkenal dunia.

Sementara XM Studios, dilihat dari laman resminya, tak banyak memberi informasi seputar produsen pembuat action figure tersebut. Hanya saja mereka mengklaim memiliki produk dengan kualitas yang paling baik.

Dalam tulisannya, XM Studios menyampaikan tak hanya memberi gengsi dan kepuasan buat kolektor mainan, pihaknya juga berinovasi untuk menghasilkan action figure terbaik.

Lantas, bagaimana dengan harga-harga action figure dengan merek tersebut hingga Zumi Zola harus merogoh kocek sampai Rp 52 juta?

XM Studios membanderol harga termurah untuk action figure Ogre God Bust Blue Variant EX skala 1/3. Action figure ini dihargai 199 dolar Singapura atau setara Rp 2,1 juta (kurs Rp 10.699).
Sementara yang termahal adalah untuk action figure Darth Vader Set dengan skala 1/4. Action figure yang satu ini dihargai 2.200 dolar Singapura atau setara Rp 23,5 juta.

Termahal berikutnya ada Optimus Prime skala 1/10 yang dihargai 2.199 dolar Singapura atau setara Rp 23 juta. Disusul oleh Starscream skala 1/10 dengan harga 2.099 dolar Singapura atau setara Rp 22 juta. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed