Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 27 Agu 2018 18:45 WIB

Zumi Zola Beli Action Figure Rp 52 Juta, Kok Bisa Mainan Semahal Itu?

Trio Hamdani - detikFinance
Ilustrasi Action Figure (Foto: dok. XM Studio) Ilustrasi Action Figure (Foto: dok. XM Studio)
Jakarta - Zumi Zola Zulkifli didakwa menerima gratifikasi total Rp 44 miliar. Dari total tersebut, sekitar Rp 52 juta untuk membeli action figure. Lantas kenapa bisa semahal itu?

Salah satu kolektor action figure Bosni Gondo Tambunan menilai kenapa barang yang dibeli Zumi Zola bisa semahal itu karena yang dibelinya adalah statue. Statue ini bagi orang awam dianggap sama dengan action figure. Tapi sebenarnya keduanya berbeda.

Statue dan action figure ini memang sama-sama replika karakter fantasi. Hanya saja, statue lebih dikategorikan sebagai patung. Dia tidak memiliki persendian yang membuatnya bisa digerakan seperti action figure.

"Jadi kan itu sebenarnya masuk kategori statue atau patung, bukan action figure. Jadi memang dia patung XM Studios itu mahal, harganya memang segituan (belasan juta)," katanya saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Senin (27/8/2018).
Dia menjelaskan, yang bikin statue ini lebih mahal dibandingkan action figure pada umumnya karena detailnya memang sangat bagus. Selain itu dia juga dibuat terbatas, alias limited.

"Memang dia keluarnya limited, dan marketnya dia juga terbatas untuk kalangan yang memang super mampu," lanjutnya.

Bahkan untuk ukuran atau skala yang sama, harga statue bisa 5 kali lebih mahal dibandingkan action figure. Jika action figure misal dijual Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta maka statue bisa dihargai Rp 10 jutaan.

"Action figure pertama keluar dengan skala yang sama paling Rp 1,5-2 juta. Tapi kalau dia (statue), ini kita ngomong merek XM Studios, dia begitu buka pre order sudah Rp 10an juta," sebutnya.
Dia pun memperkirakan, biaya yang dikeluarkan Zumi Zola hingga mencapai Rp 52 juta itu untuk 2 hingga 3 item statue.

"Memang harganya memang Rp 10 jutaan ke atas lah. Malah ketika saya baca Zumi Zola sampai Rp 50 juta mungkin bisa 2-3 kali sekali beli," tambahnya.


Saksikan juga video 'Unik! Action Figure Porselen 'Stormtrooper' Berpola Bunga':

[Gambas:Video 20detik]

(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed