Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 28 Agu 2018 20:01 WIB

Masyarakat Sulit Dapat Tiket Asian Games Gara-gara Diborong BUMN?

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Temuan KPK soal badan usaha milik negara (BUMN) memborong tiket Asian Games 2018 bikin heboh. Bahkan hal itu dianggap membuat masyarakat kesulitan untuk mendapatkan tiket.

Mantan Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu menyatakan, saat ini masyarakat agak sulit untuk mendapatkan tiket Asian Games karena kerap kehabisan.

Di tengah kondisi tersebut, tiba-tiba KPK mengungkap bahwa ada BUMN yang memborong tiket Asian Games. Yang tidak kalah menghebohkan tiket tersebut diduga diberikan untuk para pejabat.

"Karena dampaknya sekarang kan orang susah sekali beli tiket, ternyata BUMN yang borong. Susah lho dapat tiket Asian Games, karena ternyata diborong BUMN, diserahkan ke pejabat," kata dia yang juga pengamat BUMN saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Selasa (28/8/2018).



Dia pun menyayangkan adanya temuan KPK semacam itu. Menurutnya bagi-bagi tiket Asian Games oleh BUMN ke pejabat merupakan bentuk gratifikasi.

Padahal jika BUMN memborong tiket Asian Games lalu diberikan ke masyarakat bisa menjadi hal yang positif, karena bisa membantu masyarakat ikut meramaikan ajang olahraga tingkat Asia tersebut.

"Kalau motifnya meramaikan kan dibeli dibagikan ke karyawan nonton dong, atau rakyat nonton dibagi, tapi kan beli untuk pejabat, pasti niatnya gratifikasi dong," ujarnya.

"Kalau dibagikan ke rakyat nggak salah, kalau (dibagikan) ke pejabat, gratifikasi. Pejabatnya gratifikasi, yang keluarkan (membagikan tiket) juga kena," tambah Said Didu.




Saksikan juga video 'Gegara Syarif Diusir, Distribusi Tiket Asian Games Disorot KPK':

[Gambas:Video 20detik]

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com