ADVERTISEMENT

Jokowi Nantikan Investasi Terbaru Jack Ma di Indonesia

Niken Purnamasari - detikFinance
Sabtu, 01 Sep 2018 13:45 WIB
Foto: Presiden Jokowi temui Jack Ma di Istana Bogor. (Niken Purnamasari).
Bogor - Pendiri Alibaba, Jack Ma, bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor siang ini. Dari pertemuan ini, Jokowi berharap ada pembaharuan komitmen investasi Alibaba di Indonesia.

Saat menyambut Jack Ma, Jokowi mengatakan Alibaba sebelumnya telah berkomitmen untuk berinvestasi di Indonesia lewat sektor e-commerce. Nilainya pun tak tanggung-tanggung, yakni mencapai miliaran dolar AS.

"Alibaba telah berkomitmen untuk menambah beberapa miliar dolar untuk berinvestasi di Indonesia. Terima kasih untuk berkomitmen di sektor e-commerce dan perekonomian Indonesia. Saya menanti kabar dari Anda hari ini tentang pembaruan komitmen Alibaba di Indonesia," ujar Jokowi kepada Jack Ma, Sabtu (1/9/2018).

Kehadiran Jack Ma sendiri ke Indonesia sebenarnya dalam rangka closing ceremony Asian Games 2018 dan perwakilan Hangzhou sebagai tuan rumah Asian Games 2022. Namun tampaknya kedatangan pebisnis berjuluk 'Manusia Rp 570 Triliun' itu tak sekadar untuk Asian Games saja.


Rencananya, Jack Ma akan bertemu dengan sejumlah menteri Kabinet Kerja pada Minggu (2/9) besok untuk membahas pendirian Jack Ma Institute di Indonesia.

"Pak Presiden, Pak Darmin, Bu Puan, Pak Menseskab kemudian Bu Menlu dan saya memanfaatkan waktunya karena kapasitas Jack Ma sebagai adviser dari Steering Committee Peta Jalan e-commerce. Ada yang mengemuka dari pembahasan yakni masalah talent. Nanti, besok akan ditindaklanjuti dengan Jack Ma dan beberapa menteri ada Pak Darmin, Menteri Perindustrian dan saya serta 3-4 menteri lagi," kata Menkominfo, Rudiantara di Istana Bogor.

Terkait bisnis, Jack Ma memiliki banyak bisnis di Indonesia melalui investasi Alibaba di dua pemain toko online terbesar yakni Lazada dan Tokopedia.

Pada Maret 2018 lalu, Alibaba, menambah investasi mereka ke Lazada sebanyak US$ 2 miliar (Rp 29 triliun). Hal tersebut dilakukan sebagai usaha mereka untuk memperkuat ekspansinya ke kawasan Asia Tenggara.

(nkn/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT