Follow detikFinance
Sabtu, 08 Sep 2018 11:27 WIB

Jadi Ketua Timses Jokowi-Ma'ruf, Ini Bisnis Erick Thohir

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Kemarin, Joko Widodo telah mengumumkan Erick Thohir menjadi ketua tim pemenangan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019. Erick Thohir adalah seorang pengusaha sukses yang memiliki gurita bisnis di Indonesia. Mulai dari bisnis restoran hingga bisnis media.

Adik dari Bos Adaro Garibaldi 'Boy' Thohir ini menduduki posisi Direktur Utama di PT Intermedia Capital Tbk (IMC) induk usaha dari PT Cakrawala Andalas Televisi (ANTV).


Disarikan dari beberapa sumber, pria yang lahir 30 Mei 1970 ini memiliki bakat bisnis yang menurun dari ayahnya. Ia dulu memulai bisnis kuliner berbentuk restoran dengan merek Hanamasa dan Pronto pada periode 1993-1998. Kedua bisnis itu adalah warisan dari ayahnya Teddy Thohir.

Setelah lulus kuliah dan mendapatkan gelar bachelor, Erick mulai menggeluti bisnis trading bersama teman kuliahnya M. Lutfi, Wisnu Wardhana dan Harry Zulnardy.


Pada 1996 - 1997 Erick mulai membentuk perusahaan trading yang bisnisnya semen, pupuk, beras, kapur dan bahan kebutuhan lain.

Memasuki tahun 2000, Erick masuk ke bisnis media. Ia membeli perusahaan billboard dan radio hingga media cetak Republika dan Golf Digest yang berdiri di bawah bendera Mahaka Media.

Erick kini memiliki dua bendera bisnis besar seperti Mahaka Media dan Alif yang bergerak di bidang hiburan.


Ia juga menggandeng anak Aburizal Bakrie, Anindya Bakrie untuk bergabung di TVOne, meskipun hanya memiliki saham minoritas.

Sebelum membeli klub sepak bola Intermilan, Erick juga sudah mengakuisisi klub olahraga melalui sebuah konsorsium seperti klub NBA Philadelphoa 76ers pada 2012 lalu dan ia menjadi co owner klub DC United bersama Jason Levien.

Di Indonesia, Erick memiliki saham di tim basket Satria Muda BritAma di Indonesia Warriors.Pada 2012 Erick menjadi Chief de Mission kontingen Indonesia di Olimpiade London.


Dari situs imc.co.id berikut pengalaman kerja Erick Thohir ia menjabat sebagai Presiden Direktur Perseroan sejak tahun 2013 berdasarkan Akta No. 115/2013. Menjabat pula sebagai Presiden Direktur PT Cakrawala Andalas Televisi dan Komisaris PT Asia Global Media (2013-sekarang), Komisaris Utama PT Redal Semesta (2012-sekarang), Komisaris PT Beyond Media (2011-sekarang).

Komisaris PT Mahaka Media Tbk. (2008-sekarang), Komisaris Utama PT Entertainment Live (2008-sekarang), Direktur PT Trinugraha Thohir Media Partners (2011- sekarang), dan Presiden komisaris di PT Mahaka Radio Integra Tbk. (2016 - sekarang). Beliau menjabat sebagai Komisaris Utama PT Visi Media Asia Tbk. (2014-2017), Komisaris PT Viva Media Baru (2012-2017) dan Komisaris PT Lativi Mediakarya (2012- 2017).


Beda Kubu dengan Erick, Apa Kata Sandi? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]

(kil/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed