Follow detikFinance
Jumat, 14 Sep 2018 16:06 WIB

Di Depan Sri Mulyani, Pengusaha Curhat soal Ketidakpastian Global

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Hendra Kusuma Foto: Hendra Kusuma
Jakarta - Para pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengaku khawatir dengan adanya ketidakpastian global yang berdampak kepada ekonomi nasional.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani dalam acara seminar nasional tentang peran serta dunia usaha dalam membangun sistem di depan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

"Bahwa gejolak ekonomi dunia mulai terasa membuat suasananya kurang nyaman buat kita," kata Hariyadi di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Jumat (14/9/2018).

Hariyadi mengatakan, ketidakpastian global yang membuat tidak nyaman tersebut mulai dari pelemahan nilai tukar, hingga tren proteksionisme negara-negara tujuan ekspor.

"Tentunya kita akan berdialog dengan Bu Menteri (Sri Mulyani) dan Dirjen, dan antisipasi BI mengatasi masalah ini," tambah dia.

Sementara itu, Hariyadi mengungkapkan, para pengusaha yang tergabung dalam Apindo dan Kadin Indonesia pun akan semakin patuh terhadap sistem perpajakan nasional.

Hariyadi menceritakan dalam pertemuan sesama pengusaha selalu muncul kekhawatiran terkait dengan sikap kooperatif pemerintah.

"Mereka itu sebetulnya tidak khawatir diperiksa, tapi kerepotan dalam menyiapkan data dan perbedaan pendapat yang menjadi tidak kondusif," tutup dia. (hek/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed