Follow detikFinance
Jumat, 14 Sep 2018 19:55 WIB

Saingi Go-Jek, Pemerintah Siapkan Aplikasi Transportasi Online

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Pool Foto: Pool
Jakarta - Pemerintah menjajaki pembuatan aplikasi transportasi online serupa Go-Jek atau Grab. Untuk membuat aplikasi tersebut, pemerintah akan menggandeng perusahaan pelat merah Telkom.

Demikian disampaikan Direktur Angkutan dan Multimoda Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Ahmad Yani di kantornya, Jumat (14/9/2018).

"Nah ini memang kita mengejar akhirnya Pak Dirjen sampaikan tadi untuk menyiapkan juga platform aplikasi pelat merah kasarnya gitu nah kita kan coba lakukan penyiapan bersama-sama dengan Telkom," kata dia.

Konsep aplikasi transportasi online, kata dia, seperti yang ada di Korea Selatan.


"Menjadi platform seperti di Korea, Korea itu yang punya pemerintah," ujarnya.

Ahmad menjelaskan, saat ini Kemenhub tengah melakukan pendalaman dengan Telkom. Adanya aplikasi ini diharapkan juga untuk permasalahan kuota.

"(Mobil atau motor?) Iya bisa bisa , sama (sepeti Go-Jek dan Grab), ya tetapi kita gimana temen-temen driver itu bisa terakomodasi itu. Kemudian juga kan yang namanya usaha harus untung. Nah temen-temen di Telkom harus mempunyai keuntungan tetapi tidak memberatkan para pengemudi saya yakin yang namanya kuota itu memang harus ada," jelasnya.

"Kita baru jajaki, Pak Dirjen lagi bicara dengan mereka diminta untuk mendalami pembicaraan sementara Telkom," ungkapnya.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed